...

Cat Ramah Lingkungan pada Cat Besi, Memang Ada?

Solusi
Cat Ramah Lingkungan Tosadah

Cat ramah lingkungan adalah jenis cat yang diproduksi dengan mempertimbangkan dampak negatifnya terhadap lingkungan sekitar. Umumnya, jenis cat ini tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya dan beracun dalam kandungannya.

Saat ini, sudah banyak jenis cat biasa yang bersifat ramah lingkungan. Namun, beberapa jenis cat khusus besi masih ada yang mengandung bahan berbahaya bagi lingkungan. 

Karenanya, penting untuk mengetahui jenis-jenis kandungan pada cat besi yang berkualitas serta apa saja kriteria cat besi ramah lingkungan beserta rekomendasi produknya.

Kriteria Cat Ramah Lingkungan yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa alasan mengapa suatu cat termasuk dalam kategori tidak ramah lingkungan. Salah satu alasannya yaitu mengandung bahan-bahan seperti VOC, biocide, fungicide, pigmen sintetis yang sulit terurai, hingga bahan berbahaya seperti merkuri dan timbal.

Sehingga, cat besi yang ramah lingkungan harus meminimalisir berbagai kandungan bahan berbahaya tersebut untuk mengurangi dampak negatifnya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa kriteria cat yang ramah lingkungan yang perlu Anda perhatikan:

1. Rendah VOC

Volatile Organic Compounds (VOC) atau senyawa organik volatil adalah bahan kimia yang dapat menguap ke udara pada suhu ruangan. Bahan ini tidak bersifat ramah lingkungan sebab dapat berkontribusi pada polusi udara dan pembentukan gas ozon.

Selain itu paparan VOC dalam jangka panjang dapat menyebabkan dampak berbahaya bagi kesehatan. Di antaranya seperti iritasi pada saluran pernapasan, masalah pernapasan, bahkan berdampak pada sistem saraf.

2. Rendah Biosida dan Fungisida

Biosida adalah zat kimia yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan mikroorganisme lainnya, sedangkan fungisida adalah zat kimia untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan jamur (fungi).

Namun, beberapa jenis biosida dan fungisida dapat memberi dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan. Karena itu, pilih jenis biosida dan fungisida yang aman dengan kadar rendah, contohnya seperti zinx oxide dan lime.

3. Menggunakan Natural Pigment

Pigmen atau zat pewarna sintetis umumnya dapat berdampak negatif bagi lingkungan karena sulit terurai. Sebaiknya, pilihlah cat ramah lingkungan yang menggunakan pigmen alami.

4. Tidak Mengandung Bahan Berbahaya

Terakhir, pastikan cat besi yang Anda gunakan bebas dari kandungan bahan berbahaya seperti merkuri, timbal, kadmium, atau bahan kimia beracun lainnya. Bahan tersebut dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia.

Rekomendasi Produk Cat Besi Ramah Lingkungan

Pada dasarnya, cat besi berbasis air (water-based) cenderung lebih baik untuk lingkungan dibandingkan cat berbasis minyak (oil-based). Hal ini karena bahannya menggunakan air sebagai pelarut utama. 

Jika menggunakan pelarut atau solvent berbasis minyak, potensi pencemarannya menjadi lebih besar. Selain itu, cat berbasis air juga cenderung memiliki kandungan VOC dan bahan kimia berbahaya yang lebih rendah dibandingkan cat berbasis minyak. 

Sebagai rekomendasi, berikut ini beberapa produk cat besi yang baik untuk lingkungan yang bisa menjadi opsi:

1. Cat Epoxy

Jenis cat ini terbuat dari campuran resin epoxy, memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi terhadap korosi dan cuaca rendah. Cat epoxy jenis water based umumnya rendah VOC dan tidak mengandung timbal atau merkuri, sehingga lebih aman.

Selain itu, cat epoxy umumnya tahan terhadap serangan mikroorganisme, sehingga penggunaan biosida atau fungisida dapat dikurangi. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan produk Cat Primer Anti Karat Epoxy dari Tosadah.

2. Cat Polyurethane

Sesuai namanya, jenis cat ini mengandung bahan utama polyurethane, yaitu poliester yang diperkuat dengan uretan. Cat ini dikenal karena daya tahan dan ketahanannya terhadap bahan kimia, goresan, sinar UV, dan cuaca ekstrem.

Tersedia pula versi water based polyurethane yang lebih ramah lingkungan dengan formulasi rendah VOC dan bebas timbal atau merkuri. Seperti epoxy, bahan ini tahan mikroorganisme seperti jamur, sehingga bisa meminimalisir biosida dan fungisida.

Ketahui lebih banyak tentang cat epoxy untuk besi, mulai dari pengertian, jenis, hingga cara aplikasinya untuk aset besi Anda.

Untuk memperoleh cat ramah lingkungan khusus material besi, Anda bisa mengunjungi halaman produk Tosadah atau menghubungi kami di sini. Temukan pula berbagai informasi bermanfaat lainnya seputar cat besi anti karat sesuai bidang industri Anda di halaman blog.

Bagikan Artikel :

Menu