...

4 Rekomendasi Produk Cat Besi Anti Panas dan Karat

Solusi
Cat besi anti panas - Tosadah pelopor cat besi anti karat

Cat besi anti panas sangat penting dalam beberapa bidang industri terutama pada kegiatan produksi yang berisiko tinggi mengalami kebakaran. Penggunaan cat besi tahan panas pada sebuah industri merupakan sebuah bentuk investasi yang cukup menguntungkan bagi perusahaan.

Keuntungannya membuat konstruksi bangunan menjadi lebih tahan lama serta dapat meningkatkan keselamatan pekerja. Cat tahan panas umumnya memiliki ketahanan yang tinggi terhadap api saat terjadi kebakaran.

Mau tahu bidang industri apa saja yang membutuhkan cat tahan panas? Cari tahu jawabannya pada artikel Industri Ini Wajib Pakai Cat Besi Tahan Panas, Apa Saja?. Jika penasaran dengan cara kerja cat besi tahan panas Anda dapat menyimak penjelasan berikut. 

Bagaimana Cara Kerja Cat Besi Anti Panas dalam Melawan Api?

Pengaplikasian cat besi tahan panas merupakan cara paling mudah dan aman untuk melawan kebakaran pada bangunan dan alat-alat industri. Cat tersebut dibuat secara khusus untuk menahan suhu tinggi serta membantu menetralkan unsur-unsur yang memicu timbulnya api.

Beberapa produk cat anti panas mampu bertahan hingga suhu 700 derajat Celcius bahkan lebih. Bahan pembuatannya terdiri dari beberapa macam di antaranya silikon, matriks multi polimer, epoksi fenolik, epoksi novolac, dan lainnya.

Tingkat ketahanannya terhadap api tergantung pada komposisi bahan yang digunakan. Cat besi tahan api akan membentuk lapisan berbusa untuk mencegah api semakin membesar. 

Suhu panas yang dipancarkan oleh api akan membuat lapisan cat mengeluarkan zat peredam api yang cukup efektif mencegah kebakaran besar. Zat peredam tersebut memang tidak bisa sepenuhnya menghentikan kebakaran.

Namun, setidaknya dapat mengurangi kobaran api agar tidak semakin meluas. Itu artinya, cat tahan panas dapat memperlambat penyebaran api sehingga memungkinkan karyawan yang terjebak untuk menyelamatkan diri. 

4 Jenis Cat Besi Anti Panas dari Tosadah

Penggunaan cat besi tahan api memiliki banyak dampak positif bagi ketahanan konstruksi dan keselamatan karyawan. Berikut beberapa pilihan produk cat besi anti karat sekaligus tahan api yang layak Anda pertimbangkan:

1. Intertherm 50

Produk cat ini menggunakan bahan resin silikon dengan pigmen aluminium yang dapat diaplikasikan sebagai cat pelapis dasar maupun cat finishing. 

Ketahanan terhadap api dan suhu tinggi tergolong sangat baik karena mampu bertahan pada suhu 540 derajat Celcius. Daya tahan panasnya yang cukup tinggi memungkinkan cat Intertherm 50 diaplikasikan pada cerobong asap pada bidang industri.

Selain itu juga dapat diaplikasikan untuk merawat dan memperbaiki konstruksi pada bangunan baru maupun lama. Proses pengecatan dapat dilakukan dengan berbagai alat mulai dari spray, roller, hingga kuas. 

2. Intertherm 891

Cat besi anti panas berikutnya adalah Intertherm 891, pelapis besi reflektif ringan tersebut dapat bertahan pada suhu tinggi hingga mencapai 250 derajat Celcius. Cat tahan panas ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melapisi ruang kargo, pipa, dan perlengkapan industri lainnya.

3. Interchar 212

Apakah Anda membutuhkan cat pelapis tahan panas berkualitas tinggi? Interchar 212 merupakan salah satu jawaban yang tepat. Produk tersebut merupakan cat besi tanpa pelarut yang diformulasikan secara khusus untuk melapisi logam baja yang memerlukan perlindungan tinggi dari kebakaran. 

Anda tidak perlu meragukan kualitasnya karena Interchar 212 sudah memenuhi berbagai standar internasional. Mulai dari uji ASTM E119, UL 263, ENV 13381 Pt 4, Standar Australia AS1530.4 (1997), BS 476 Bagian 20-22, GOST (Rusia), dan Standar Korea F 2257. 

Interchar 212 dapat sepenuhnya melindungi baja dari kobaran api tanpa perlu menggunakan lapisan cat tambahan. Maka tidak heran jika cat tersebut sering digunakan pada fasilitas publik seperti bandara, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, fasilitas pendidikan, kompleks industri, hotel, dan lain-lain. 

4. Interzone 1000

Produk cat besi anti panas yang terakhir ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan cat tahan api sekaligus anti air. Interzone 1000 memberikan perlindungan tinggi terhadap korosi yang diakibatkan paparan air. 

Cat besi tahan air tersebut sering digunakan pada konstruksi di lepas pantai, pabrik pengolahan air, pabrik pengolahan zat kimia, jembatan, dermaga, dan lain-lain. 

5 Jenis Cat Anti Panas yang Harus Dipahami

Setiap jenis cat besi tahan panas memiliki tingkat toleransi suhu yang berbeda-beda, semakin tinggi toleransi suhunya maka semakin bagus untuk mencegah kebakaran. Berikut beberapa jenis cat tahan panas berdasarkan bahan dasarnya.

1. Lapisan Silikon

Cat tahan panas yang terbuat dari silikon memiliki kinerja yang paling baik untuk melindungi cerobong asap, ketel uap, dan benda bermaterial baja lainnya. Lapisan cat silikon hanya bisa mengering sepenuhnya ketika berada pada suhu 350 derajat Fahrenheit lebih.

2. Silikon yang Dimodifikasi

Cat yang terbuat dari bahan silikon yang sudah dimodifikasi memiliki ketahanan panas yang kurang bagus dibandingkan bahan silikon biasa. Sehingga tidak mampu bertahan pada suhu terlalu tinggi, cat anti panas ini hanya mampu bertahan pada suhu 255 derajat Fahrenheit.

3. Epoxy Phenolic

Jenis cat besi anti panas berbahan epoxy phenolic mampu bertahan pada kisaran suhu 350 – 400 derajat Fahrenheit. Selain memiliki ketahanan panas yang tinggi, cat ini juga mempunyai daya rekat yang cukup kuat dan tahan terhadap bahan-bahan kimia. 

Hasil pengecatan akan semakin maksimal jika Anda mengeringkannya dengan suhu panas. Karena jika dikeringkan dengan udara lapisan pelindungnya tidak dapat bekerja secara maksimal. 

4. Pelapis Epoksi

Jenis cat pelapis epoksi tahan panas umumnya digunakan pada industri petrokimia dan minyak. Lapisan cat yang dihasilkan mampu memberikan perlindungan yang tinggi terhadap benturan dan  goresan. 

Lapisan cat juga tidak akan meleleh saat terpapar suhu ekstrem namun harus dijauhkan dari paparan sinar matahari langsung agar tidak cepat memudar. Jika lapisannya memudar maka tingkat keefektifannya akan menurun. 

5. Matriks Multi Polimer

Di dalamnya terdapat serpihan kecil titanium, oksida besi, dan aluminium sehingga membuatnya memiliki ketahanan yang tinggi terhadap serangan korosi. Cat untuk besi ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk suhu ekstrem karena dapat bertahan hingga pada suhu 700 derajat Fahrenheit. 

Lindungi Aset Bisnis Anda dengan Cat Berkualitas dari Tosadah

Cat besi tahan panas tersedia dalam berbagai jenis dengan kelebihan yang berbeda-beda. Untuk mendapat produk cat terbaik Anda harus lebih cermat dalam memilih dan jangan mudah tergiur dengan harga murah.

Untuk melindungi aset bisnis tentu Anda perlu mencari cat besi tahan panas berkualitas tinggi untuk mendapat hasil yang terbaik. Sedang mencari jenis cat tahan panas yang tepat untuk alat berat? Ini Lho! Jenis Cat Alat Berat yang Tahan Panas.

Tosadah menyediakan berbagai produk cat tahan panas berstandar internasional dengan harga bersaing. 

Cari tahu berbagai produk cat berkualitas yang kami tawarkan selengkapnya pada laman produk. Pelajari juga beragam informasi dan tips terkini seputar cat melalui laman blog kami. Masih ragu menentukan produk cat besi anti panas yang sesuai? Anda dapat melakukan konsultasi untuk memperoleh solusi yang tepat dengan menghubungkan tim kami.

Bagikan Artikel :

Menu