...

Cara Menghilangkan Cat Besi di Tangan Tanpa Rasa Sakit

Inspirasi
Cara Menghilangkan Cat Besi dari Tangan Tosadah

Cat besi memang mempunyai manfaat yang baik untuk melapisi besi, seperti memperindah tampilan dan mencegah karat. Namun sayangnya, cat besi bisa berdampak buruk bagi manusia bila terkena tangan. Oleh sebab itu, diperlukan cara menghilangkan cat besi di tangan tanpa rasa sakit untuk meminimalisir bahaya tersebut.

Simak cara selengkapnya di bawah ini. Namun sebelumnya, mari kita ketahui dulu apa bahaya cart besi terutama yang mengandung timbal.

Pahami Bahaya Kandungan Timbal pada Cat Besi

Beberapa jenis cat termasuk cat besi memiliki kandungan timbal. Timbal adalah logam berat yang diberikan pada cat agar warna tampak lebih menarik. Namun sayangnya, manfaat ini tidak dirasakan jika tersentuh manusia. Hal ini disebabkan sel darah dapat mengikat timbal dengan mudah lalu disebarkan ke berbagai organ pada tubuh. 

Sebenarnya, dengan Ketahui 4 Jenis Cat Besi Food Grade untuk Besi yang memiliki kadar timbal rendah. Resiko tersebut dapat dimimalisirkan sehingga tergolong aman untuk tubuh. Namun jika melebihi batas tersebut dalam jangka pendek, ada berbagai bahaya yang mengintai bila manusia terkena timbal terutama dalam jumlah banyak dan secara terus-menerus, seperti:

  • Kelelahan
  • Insomnia
  • Hilangnya gairah
  • Timbulnya iritasi
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Rasa tidak nyaman pada perut

Jika hal ini dibiarkan, maka manusia akan mengalami gejala lanjutan yang lebih parah, seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kesulitan dalam mengatur gerakan otot
  • Menurunnya indera penglihatan maupun pendengar
  • Rusaknya saraf
  • Membuat janin menjadi keterbelakangan mental bagi wanita hamil

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengalami efeknya dari anemia, terhambatnya perkembangan, rusaknya saraf, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bahaya timbal bisa mengancam siapa saja. Bahkan WHO memperkirakan bahwa ada ratusan miliar dollar yang dikeluarkan untuk mengobati penyakit akibat keracunan timbal.

Itulah mengapa diperlukan cara menghilangkan cat besi di tangan yang aman sekalipun untuk anak-anak agar bisa meminimalisir masuknya timbal ke dalam tubuh. Dengan demikian, kesehatan pun dapat terjaga sekalipun setelah melakukan proses pengecatan.

Cara Menghilangkan Cat Besi di Tangan

Inilah berbagai cara untuk menghilangkan cat besi agar tubuh tidak keracunan timbal:

1. Gunakan Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa

Berbagai jenis minyak bisa menghilangkan cat besi di tangan, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Jika Anda tidak mempunyainya, maka Anda bisa menggunakan minyak untuk bayi.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu ambil minyak tersebut dalam jumlah yang cukup. Lalu, usapkan minyak tersebut ke bagian tubuh yang terkena cat. Cobalah untuk terus mengusapnya ke kulit sehingga cat mulai melonggar dalam waktu beberapa menit. Setelah itu, diamkan minyak tersebut dalam waktu yang singkat.

Jika sudah, cobalah untuk menggosoknya dengan handuk berbahan kertas sampai mengelupas. Setelah itu, bilaslah bagian kulit tersebut dengan air. Jika cat masih tersisa, cobalah untuk mengulang prosedur mulai awal. 

2. Gunakan Cuka

Cuka juga bisa membantu Anda untuk mengelupas cat tersebut. Caranya serupa dengan cara sebelumnya, yakni teteskan cuka dalam jumlah yang cukup pada bagian kulit yang terkena cat. Setelah itu, gosoklah secara perlahan.

Jika sudah digosok, maka Anda bisa mendiamkannya dan menggosoknya lagi dengan handuk. Ulangilah cara yang sama hingga cat terkelupas. Setelah itu, bilaslah dengan air lalu keringkan.

3. Gunakan Baking Soda

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan cat besi di tangan. Ambillah setengah gelas kecil baking soda terlebih dahulu. Selain itu, ambil juga setengah gelas minyak kelapa supaya baking soda bisa bekerja dengan lebih baik untuk mengelupas cat.

Lalu, tuangkan keduanya ke bagian kulit Anda yang terkena cat tersebut. Jika sudah, Anda bisa mulai menggosoknya secara perlahan agar cat mengelupas. Bilaslah dengan air bersih jika sudah selesai.

4. Gunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring bisa menjadi salah satu bahan yang baik untuk mengelupas cat karena mempunyai kandungan gliserin. Namun jika Anda menggunakannya, maka siapkan juga minyak tusam supaya sabun dapat bekerja lebih baik.

Bila sudah siap, Anda bisa mengusapkan sabun cuci piring ke kulit yang terkena cat. Lalu, tinggalkan sejenak selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, ambil kapas yang sudah diberi minyak tusam dan gosokkan kapas tersebut secara perlahan ke bagian kulit yang terkena hingga cat terkelupas semua. Bilaslah dengan air hangat dan sabun setelahnya.

5. Gunakan Penghapus Cat Besi Khusus Tangan

Penghapus cat besi khusus tangan merupakan zat yang tepat untuk mengelupas cat besi pada kulit. Bahan ini pun aman sehingga bisa meminimalisir iritasi. Caranya cukup sederhana, yakni tuangkan pada tangan secukupnya lalu diusap secara perlahan.

Demikian cara menghilangkan cat besi di tangan. Selanjutnya, Anda sebaiknya memilih cat besi tanpa timbal agar tidak berbahaya bagi tubuh. Tahukah Anda bahwa cat cat besi tanpa timbal dapat digunakan untuk beberapa jenis kotak? Kenali 3 Jenis Kontak Makanan Sebelum Pakai Cat Food Grade. Gunakan jenis cat food grade tanpa timbal yang sesuai untuk kebutuhan aset besi Anda.

Cat besi ini pun tersedia di berbagai distributor ternama seperti PT. Tosadah. Klik di sini untuk melakukan pemesanan.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu