...

8 Cara Hilangkan Karat Besi, Gunakan Cat dari PT Tosadah

Umum
Cara Menghilangkan Karat Besi PT Tosadah

Karat atau korosi adalah sebuah proses oksidasi yang dapat membuat besi memiliki endapan dengan warna kuning dan bau yang khas. Dalam berbagai proyek pembangunan, persoalan karat besi ini perlu diperhatikan dengan baik, karena ada berbagai bahaya yang bisa muncul jika kondisi tersebut dibiarkan.

Perhatikan tentang Bahaya Karat Besi bagi Tubuh, Jangan Sampai Tertelan! Maka dari itu, jika sudah ada aset besi yang berkarat, maka sebaiknya segera dihilangkan.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karat tersebut, baca hingga tuntas supaya mendapat solusi terbaik!

Inilah Cara Hilangkan Karat Besi

Karat memang menjadi hal yang sangat mengganggu, baik dari segi kesehatan, keamanan, maupun estetika. Selain itu, kekuatan besi juga dapat menurun jika besi dibiarkan dalam kondisi berkarat.

Maka dari itu, sebaiknya Anda pahami berbagai cara untuk menghilangkan karat yang terdapat pada besi, berikut merupakan penjelasan lebih lengkapnya:

1. Manfaatkan Larutan Asam

Cara pertama untuk menghilangkan karat besi yaitu dengan memanfaatkan larutan asam. Ada berbagai jenis larutan yang bisa digunakan, salah satu larutan yang cukup populer digunakan yaitu asam oksalat.

Jika ingin menggunakan cara ini, maka Anda bisa mencampurkan beberapa sendok cairan asam oksalat dan air hangat. Selanjutnya, celupkan besi yang berkarat ke dalam cairan tersebut. Jika sudah, sebaiknya gosok secara perlahan dengan sikat gigi lalu bilas dengan air bersih.

Dalam melakukan tindakan ini, penting bagi Anda untuk memakai masker dan sarung tangan sebagai perlindungan diri.

2. Manfaatkan Cuka atau Pasta Gigi

Cara kedua, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan rumah tangga yang cukup mudah untuk ditemui, misalnya cuka atau pasta gigi.

Jika akan memanfaatkan cuka, maka cara yang terbilang cukup mudah, yaitu Anda dapat mencelupkan benda besi yang berkarat tersebut ke dalam cuka.

Selanjutnya, tunggu dalam beberapa jam dan sikat dengan memakai sikat gigi bekas. Setelah disikat, bilas dengan air bersih dan keringkan besi tersebut dengan kain.

Masih dengan bahan rumah tangga, selanjutnya Anda juga bisa memanfaatkan pasta gigi. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke permukaan besi yang berkarat, gosok dengan sikat gigi, lalu bilas dan keringkan.

3. Memakai Sikat Kawat

Cara menghilangkan karat pada besi yang ketiga yaitu dengan memanfaatkan sikat kawat. Hal ini sering menjadi alternatif ketika karat pada besi sudah semakin tebal sehingga dibutuhkan alat bantuan untuk mengikisnya.

Jika Anda belum tahu, sikat kawat ini mempunyai bulu yang kasar sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karat yang ada pada besi. Hal ini dapat dipakai untuk berbagai jenis aset besi, mulai dari besi bangunan, peralatan, hingga komponen kendaraan.

Ketika akan melakukan penyikatan, maka perlu dipastikan bahwa Anda telah memakai masker dan sarung tangan.

Masker tersebut dikenakan supaya Anda tidak menghirup berbagai partikel kecil hasil oksidasi. Selanjutnya, sarung tangan dapat membantu Anda untuk menghindari risiko terluka atau cedera selama proses pembersihan karat.

Jika sudah siap, maka Anda bisa mulai menggosokkan sikat tersebut secara perlahan pada bagian besi yang berkarat. Sikatlah bagian tersebut hingga karatnya terangkat dan besi menjadi kembali bersih.

Setelah itu, bilas bagian tersebut dengan memakai air bersih dan gunakan kain lembut untuk mengeringkannya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka Anda bisa mengulangi pembersihan sebanyak beberapa kali.

4. Metode Elektrolisis

Selanjutnya, karat besi dapat dihilangkan dengan metode elektrolisis. Untuk dapat melakukannya, Anda perlu menyiapkan sumber listrik dan wadah yang sudah diisi dengan air garam. Sumber listrik yang bisa digunakan untuk metode ini salah satunya yaitu baterai.

Caranya, rendam besi yang berkarat ke dalam air garam, lalu Anda bisa menghubungkan besi dengan bagian kutub negatif dari baterai atau sumber listrik lainnya.

Selanjutnya, kutub positifnya perlu terhubung dengan kawat yang menyentuh permukaan dari besi yang berkarat. Anda bisa menyalakan sumber listrik selama beberapa waktu, sampai nantinya karat pada besi terangkat.

5. Manfaatkan Ampelas

Alat bantuan yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi yaitu ampelas. Anda bisa memakai jenis mesin ampelas maupun ampelas tangan dalam hal ini.

Sebelum melakukan pengampelasan, penting untuk membersihkan bagian permukaan besi tersebut, pastikan tidak ada kotoran atau besi yang menempel. Selanjutnya, gosok permukaan besi tersebut dengan ampelas, pastikan Anda memberikan tekanan yang cukup dan lakukan gerakan secara merata.

6. Mengaplikasikan Cat Besi Anti Karat

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan bahan yang memang sudah dirancang untuk menghilangkan dan mencegah karat besi.

Supaya aset besi dapat terlindungi dengan optimal, maka sebaiknya Anda memakai cat besi yang sudah dilengkapi dengan anti karat. Gunakan cat besi dari PT Tosadah untuk hasil yang optimal, segera hubungi kami untuk pemesanan produk atau kunjungi blog untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya.

7. Atasi Karat Ringan dengan Baking Soda

Jika karat besi masih tergolong ringan, maka Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air, jadikan ke dalam bentuk pasta kental.

Selanjutnya, oleskan pasta tersebut secara merata ke bagian karat dan tunggu sekitar satu jam.

Selanjutnya, gosok bagian tersebut dengan memakai sikat kawat, lakukan hingga karat tersebut terangkat dan besi kembali bersih. Jika sudah, bersihkan sisa dari baking soda dengan memakai air dan jangan lupa bilas hingga kering.

8. Manfaatkan Sabun Cuci Piring dan Kentang

Cara selanjutnya yang juga sebaiknya Anda ketahui yaitu dengan memanfaatkan sabun cuci piring. Selain itu, bahan tambahan yang diperlukan yaitu kentang yang mengandung asam oksalat dan bisa membantu dalam proses pembersihan karat.

Langkah untuk melakukan metode ini yaitu dengan memotong kentang tersebut ke dalam dua bagian, lalu tutup bagian yang sudah dipotong tersebut dengan sabun cuci piring.

Langkah selanjutnya, gosok bagian besi yang berkarat dengan kentang tadi. Lakukan hingga karat bersih, setelah itu bilas dan keringkan.

Andalkan Cat Besi Anti Karat Terbaik dari PT Tosadah!

Setelah membaca penjelasan cara-cara di atas, maka tentunya Anda telah semakin tahu tentang apa saja yang bisa dilakukan sebagai penanganan untuk besi yang berkarat. Salah satu hal penting yang bisa menjadi solusi yaitu dengan memakai cat besi yang sudah dilengkapi dengan komponen anti karat.

Dalam memilih jenis dan merk cat anti karat tersebut, penting juga untuk memperhatikan tentang kualitasnya. Berbagai varian cat dari PT Tosadah dapat menjadi solusi tepat bagi Anda, mulai dari cat primer hingga cat finishing untuk building & structure.

Untuk cat primer, Anda bisa mengandalkan cat epoxy yang memiliki daya lapis tinggi untuk memberikan lapisan pada setiap pori dan melindungi permukaan dengan optimal. Selanjutnya, untuk cat finishing, Anda bisa memakai cat polyurethane atau cat alkyd.

Pastikan Anda memilih cat yang sudah dilengkapi dengan anti karat, lalu buatlah semua komponen bangunan dan aset besi Anda terlindungi dengan optimal. Berikut Tips Pilih Cat Pelapis Anti Karat Besi Gedung dan Pabrik.

Hindari berbagai risiko karat besi dan nikmati keindahan dari setiap bagian bangunan Anda dengan produk dari PT Tosadah. Segera hubungi kami untuk pertanyaan atau pemesanan produk cat, lalu kunjungi blog untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya!

Bagikan Artikel :

Menu