...

6 Jenis Karatan Besi yang Umum Terjadi, Andalkan PT Tosadah

Solusi
Karatan Besi Tosadah

Besi merupakan salah satu jenis logam yang memiliki risiko untuk mengalami korosi atau karatan. Hal tersebut disebabkan oleh aksi dari unsur kimia atau elektrokimia yang berada di lingkungan sekitarnya. Ada berbagai jenis karatan besi yang sebaiknya Anda ketahui, sehingga bisa lebih mudah untuk mencegahnya.

Sebenarnya, apa saja jenis karat tersebut? Simak penjelasan pada artikel ini hingga tuntas dan pastikan Anda memberikan cat pelapis untuk berbagai aset besi supaya bisa meminimalisir risikonya karatan.

Tidak hanya mengenali jenis karatan besi, Anda juga harus mengetahui cara merawat aset besi. Berikut Kami berikan 5 Cara Merawat agar Besi Tidak Berkarat.

Jenis-jenis Karatan Besi

Berikut merupakan berbagai jenis karatan yang sebaiknya Anda waspadai jika ingin aset besi tetap terjaga dengan baik.

1. Korosi Celah atau Crevice Corrosion

Jenis pertama yaitu korosi celah yang umumnya terjadi ketika ada dua atau lebih logam yang terletak sangat berdekatan atau bahkan berdempetan. 

Posisi tersebut dapat menyebabkan berbagai celah kecil, sehingga dapat menjadi tempat untuk tertahannya berbagai zat.

Kotoran, debu, dan air bisa terselip dan tertahan pada celah tersebut sehingga konsentrasi oksigen pun meningkat. 

Jika konsentrasi oksigen di bagian permukaan lebih tinggi dibandingkan bagian dalamnya, maka hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya karatan atau korosi.

2. Korosi Galvanis atau Galvanic Corrosion

Korosi jenis kedua ini dapat disebabkan karena ada dua buah logam yang berbeda, namun terletak di dalam satu elektrolit. Dampaknya, logam yang memiliki sifat anodik lebih tinggi dapat mengalami proses karatan.

3. Korosi Erosi atau Erosion Corrosion

Selanjutnya, ada korosi yang disebabkan karena adanya aus pada logam. Kondisi tersebut menyebabkan ada permukaan yang tampak lebih kasar atau tajam. Area tersebut dapat menjadi semakin rawan terhadap risiko korosi.

Korosi jenis ini sering terjadi pada bagian propeller dan sistem perpipaan. Untuk dapat mencegahnya, maka sebaiknya jangan sampai fluida mengalir dengan terlalu deras. Pastikan alirannya tetap stabil dan normal, sehingga risiko korosi pun berkurang.

4. Korosi Mikrobiologi

Sesuai dengan namanya, jenis karat ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan mikrobiologi. Misalnya, pertumbuhan jamur, bakteri, protozoa, dan alga. Umumnya, mereka dapat menempel pada lapisan permukaan logam.

Dampaknya, akan timbul bintik-bintik karat pada permukaan tersebut. Karatan besi yang satu ini sebaiknya diantisipasi dengan melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin.

5. Korosi Lelah atau Fatigue Corrosion

Korosi lelah dapat disebabkan karena logam memiliki beban siklus yang terjadi berulang atau secara terus-menerus. Logam tersebut semakin lama menjadi lelah bahkan dapat menjadi patah.

6. Korosi Tegangan atau Stress Corrosion

Jenis terakhir yang akan dibahas kali ini yaitu korosi tegangan. Penyebabnya yaitu adanya butiran logam yang mengalami perlakuan tertentu sehingga mengalami perubahan bentuk.

Misalnya, ketika besi ditekuk atau ditegangkan, akan muncul tegangan pada bagian tersebut. Ketegangan tersebut dapat membuatnya semakin mudah mengalami reaksi terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga korosi semakin mudah untuk terjadi.

Karena karat atau korosi dapat menyebabkan berbagai kerugian untuk aset logam, maka sebaiknya dilakukan berbagai perlindungan supaya bisa meminimalisir risikonya. Anda dapat melakukan berbagai cara di atas dengan optimal, sehingga kekhawatiran korosi akan berkurang.

Itu tadi merupakan berbagai jenis karatan yang bisa muncul pada besi, baik besi yang masih berbentuk material maupun yang sudah difungsikan untuk keperluan tertentu. Tentu saja, karat merupakan risiko yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik aset besi.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya karat yaitu dengan memberikan cat pelindung. Pastikan Anda memakai produk cat dari PT Tosadah yang dapat diandalkan untuk melindungi.

Setelah mengetahui jenis-jenis karatan pada besi. Anda juga perlu Hindari Kesalahan Cara Mengecat Besi agar hasil pengecatan lebih maksimal dengan minim perawatan aset besi.  

Ada berbagai variasi produk yang dapat dipilih sesuai dengan keperluannya, silakan kunjungi laman Industrial & Mining atau Building & Structure untuk melihat lebih lanjut. Pastikan Anda mencegah karatan besi, hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan lebih lanjut, serta kunjungi blog untuk membaca artikel lain.

Bagikan Artikel :

Menu