...

5 Langkah Cat untuk Pagar Besi Galvanis, Gunakan Primer!

Industri, Perumahan
Cat untuk Pagar Besi Galvanis Tosadah

Mengaplikasikan cat untuk pagar besi galvanis adalah cara termudah yang menjadikan hunian Anda semakin indah secara keseluruhan. Pemilihan warna yang tepat akan mempertegas konsep rumah yang ingin ditonjolkan.

Selain estetika, pengecatan pagar besi juga bertujuan untuk melindungi permukaannya agar tidak mudah berkarat. Mengingat materialnya berupa besi, tentu cat yang digunakan juga harus sesuai. Cara mengecat bagian pagar rumah cukup mudah dan tidak rumit.

Baca Juga: Trik Cat Besi Pagar agar Hasil Maksimal untuk Cegah Berkarat

Meski tidak sulit, sebaiknya Anda tetap memperhatikan proses dan tahapannya agar hasilnya lebih maksimal serta memuaskan. Dengan cara yang benar, perawatannya juga akan lebih mudah dan efisien.

Cara Mengaplikasikan Cat untuk Pagar Besi Galvanis

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan pengecatan pada pagar besi rumah secara tepat yang kami rangkum untuk Anda. Agar mendapatkan hasil terbaik, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1.  Cuci Bagian Pagar Besi

Langkah pertama, bersihkan seluruh permukaan pagar besi galvanis Anda. Untuk memastikan kondisinya benar-benar bersih, sebaiknya jangan hanya dilap dengan kain bersih saja. Akan tetapi dicuci menggunakan sabun deterjen.

Setelah membersihkan seluruh bagian dengan sabun, kemudian semprotkan air bersih sampai semua sabun terangkat. Selanjutnya, tunggu beberapa saat sampai pagar tersebut kering dengan sendirinya.

Mencuci pagar adalah langkah penting sebelum melapisinya dengan cat untuk pagar besi galvanis. Karena jika masih terdapat bagian-bagian yang kotor, maka pengecatan tidak akan maksimal.

2.  Siram dengan Campuran Amonia

Setelah mencuci semua bagian dan mengeringkannya, tahap berikutnya yaitu menyiram pagar besi galvanis bangunan Anda dengan campuran amonia. Kami menyarankan agar Anda mengenakan masker dan sarung tangan sebelum melakukan proses ini.

Ini karena amonia memiliki bau yang kuat dan cukup menyengat. Sementara sarung tangan berguna untuk melindungi tangan Anda agar tidak terkena bahan kimia tersebut.

Campuran amonia dilarutkan ke dalam air kemudian disiramkan pada permukaan pagar besi secara menyeluruh. Setelah itu, diamkan beberapa saat sampai mengering sempurna.

3.  Amplas Permukaan Pagar

Tahapan cat untuk pagar besi galvanis selanjutnya adalah pengamplasan. Sebelumnya, siapkan amplas kemudian gosok semua permukaannya dari ujung ke ujung.

Pastikan Anda mengamplas semua bagian termasuk bagian yang menyudut, cekungan, celah, dan lainnya. Meskipun cukup memakan waktu, namun pengamplasan harus dilakukan agar hasil pengecatannya sempurna.

Setelah semua bagian teramplas dengan benar dan sempurna, jangan lupa membersihkan sisa-sisa amplas menggunakan kain lap sampai semuanya bersih kembali.

4.  Gunakan Primer

Setelah semua permukaan diamplas, Anda bisa melanjutkan tahapan aplikasi cat untuk pagar besi galvanis berikutnya, yaitu menggunakan primer. Penggunaan primer sebelum melakukan proses pengecatan adalah hal wajib jika Anda menginginkan hasil sempurna.

Untuk hasil terbaik, kami menyarankan agar memilih primer berkualitas bagus. Di samping itu, pemilihan primer juga perlu disesuaikan menurut warna cat yang ingin Anda aplikasikan.

Apabila ingin mengecat pagar dengan warna terang, maka pilihlah primer berwarna putih. Sebaliknya, jika menginginkan warna pagar yang gelap, pilihlah primer berwarna gelap.

Lantas, mengapa primer sangat penting dalam tahapan proses cat untuk pagar besi galvanis? Setidaknya terdapat 5 fungsi primer yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Memberi lapisan dasar cat yang baik
  • Menutup noda yang ada di permukaan sehingga warna cat merata
  • Melapisi pori-pori pada permukaan sehingga hasilnya lebih halus
  • Menutup warna cat sebelumnya dengan sempurna terutama untuk tipe cat glossy
  • Mencegah timbulnya garam alkali

5.  Mulai Mengecat

Setelah mengaplikasikan primer dan memastikannya sudah benar-benar kering secara keseluruhan, sekarang saatnya Anda mulai mengecat pagar besi galvanis. Lakukan pengecatan dengan teliti dan merata.

Jika menginginkan warna yang tajam, Anda bisa mengaplikasikannya beberapa kali secara berulang. Setelah satu lapisan mengering, Anda dapat mengecatnya kembali dengan lapisan berikutnya.

Supaya menghasilkan warna yang indah, pastikan Anda memilih produk cat untuk pagar besi galvanis berkualitas serta melakukan tahapannya dengan benar.

Baca Juga: Ciri Cat Anti Karat Pagar Besi untuk Jangka Panjang

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu