...

5 Langkah Aplikasi Cat Epoxy Besi Terbaik agar Tahan Lama

Solusi
Cat Epoxy Besi Terbaik Tosadah

Cat epoxy besi terbaik dapat menjadi solusi penting bagi para pengusaha yang ingin mengubah penampilan armada kapal atau pabrik seperti baru. Dengan berubahnya penampilan aset menjadi lebih baik, kenyamanan pekerja serta konsumen dapat meningkat.

Penampilan yang baik setelah aset dicat juga akan memberikan efek positif bagi perusahaan. Dengan kata lain, apabila aset terlihat kotor, bisa dikatakan kurang terawat. Walau terkesan sederhana, hal ini dapat mencegah berpindahnya konsumen ke kompetitor yang memperhatikan estetika penampilan aset besi. 

Baca Juga: Cat Primer Anti Karat Epoxy: Peran Penting dan Cara Penggunaan

Dalam memilih cat epoxy besi, tentunya penting untuk memprioritaskan unsur jangka panjang ketahanan produk tersebut. Tahukah Anda bahwa Anda bisa memaksimalkan usia cat dengan mengaplikasikannya sesuai langkah yang benar? Kami akan membahasnya pada artikel ini.

Langkah Aplikasi Cat Epoxy Besi Terbaik

Perlu diketahui bahwa penggunaan cat tidak boleh sembarangan. Penting bagi Anda untuk memahami beberapa langkah dari awal, yaitu persiapan, eksekusi, hingga tahap akhir. Semua tata urutannya harap diperhatikan.

Maka dari itu, kami akan sampaikan di bawah ini beberapa langkah penting yang harus dilakukan. Perhatikan dengan seksama untuk mendapatkan hasil terbaik.

1. Bersihkan Karat

Pada tahap awal aplikasi cat epoxy besi terbaik, pastikan terlebih dahulu tidak ada karat yang masih tersisa pada aset sama sekali. Perlu diketahui, tahapan ini menjadi paling penting dan nantinya akan mempengaruhi hasil akhir. Bukan hanya itu saja, tingkat awet atau tidak juga dipengaruhi oleh tahap persiapan ini. 

Anda bisa membersihkan bagian karat dengan menggunakan sikat. Tetapi, hindari menyikat terlalu keras agar bulu sikat tidak cepat rusak. Jangan lupa memakai amplas kasar agar seluruh karat menghilang. Langkah selanjutnya, akhiri dengan memakai amplas jenis halus. 

Setelah selesai, cobalah perhatikan kembali untuk memastikan apakah ada karat yang tertinggal atau tidak. Lakukan tahap ini sampai benar-benar bersih.

2. Bersihkan Kotoran

Masih dalam tahap persiapan aplikasi cat epoxy besi terbaik, langkah selanjutnya adalah membersihkan kotoran yang mungkin menempel. Kotoran dapat berupa debu serta kotoran. Bila perlu, tambahkan cairan pembersih agar proses pembersihan menjadi lebih mudah. Biasanya, Anda membutuhkan cairan pembersih khusus apabila terdapat oli atau minyak pada permukaan aset. Hal ini dikarenakan, oli dan minyak dapat membuat cat tidak dapat menempel dengan sempurna.

Kemudian, lap permukaan menggunakan kain bersih dan kering. Hal ini bertujuan untuk mencegah datangnya korosi kembali. Melakukan dua tahapan ini membutuhkan waktu cukup lama. 

Biasanya, proses ini perlu diulang sebanyak dua kali. Pengulangan pembersihan bertujuan agar sebagai upaya agar keadaannya benar-benar bersih. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap durasi ketahanan cat epoxy pada aset.

3. Gunakan Drop Cloth

Langkah selanjutnya, siapkan drop cloth untuk menutup bagian dasar. Lalu, Anda bisa menutup bagian yang tidak dicat menggunakan masking paper (kertas penutup). Agar bagian yang tertutup aman, rekatkan dengan selotip. Namun, Anda tidak perlu menutup bagian apapun bila ingin mengecat seluruh bagian aset besi Anda menggunakan cat epoxy primer. 

Selanjutnya, sebelum mengaplikasikan cat primer, siapkan bahan campurannya terlebih dulu. Anda bisa mencampurkan cat epoxy dengan bahan thinner dan hardener dengan perbandingan yang sesuai. Perbandingannya sendiri tergantung dengan merek cat dan jenis bahan tambahan yang dicampurkan. Setelah tercampur, aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam alat spray.

4. Aplikasikan Cat Epoxy Besi Terbaik

Dalam mengaplikasikan cat epoxy, sangat disarankan untuk menggunakan alat spray. Mengapa? Hal ini bertujuan untuk mencegah bulu yang menempel jika menggunakan sikat atau kuas. Karena hal tersebut, disarankan lebih aman dan hasilnya lebih maksimal jika menggunakan alat spray. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah, ketika mengaplikasikan cat, Anda perlu mengetahui kebutuhan tebal cat pada aset Anda sesuai dengan tujuan pengecatan. Apabila tujuan Anda adalah untuk estetika aset besi, aplikasikan secara tipis ketika mengecat. Jika terlalu tebal, hal ini akan mengurangi estetika dari tampilan akhir aset Anda. Selain itu, terdapat kemungkinan menetesnya cat jika diaplikasikan terlalu tebal. 

Jika Anda membutuhkan perlindungan tertentu bagi aset Anda, maka ketebalan akan bervariasi. Agar tidak bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa aplikator cat epoxy primer yang sudah berpengalaman, salah satunya adalah PT Tosadah. PT Tosadah dapat memberikan rekomendasi ketebalan yang diperlukan secara tepat dan lengkap. 

Selanjutnya, Anda bisa mengulang tahap aplikasi cat epoxy dasar sehingga terdapat dua lapisan primer. Ini bertujuan agar cat dasar dapat melekat sempurna pada aset dan bertahan lebih lama.

5. Aplikasikan Cat Besi Lapisan Luar 

Langkah terakhir adalah menunggu lapisan cat primer epoxy kering terlebih dahulu. Kira-kira, proses pengeringan membutuhkan waktu sekitar 4 jam lamanya. Namun, waktu pengeringan ini akan bergantung pada jenis dan merek cat yang Anda gunakan, serta bergantung pada ketebalan yang Anda aplikasikan.

Setelah cat dasar benar-benar kering, tambahkan cat finishing di bagian luar, sesuai dengan keinginan. Hindari aplikasi cat finishing ketika cat dasar masih dalam keadaan lembap atau basah. 

Ketika mengaplikasikan cat finishing, disarankan untuk mengenakan sarung tangan, kacamata, pelindung wajah atau kepala, serta masker. Selain itu, apabila Anda mengaplikasikan cat di dalam ruangan, pastikan AC atau kipas dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan untuk menghindari menyebarnya partikel cat ke area yang tidak diinginkan.

Memahami berbagai langkah di atas sangat penting. Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila melakukan langkah-langkah di atas dengan teliti dan jeli. 

Baca Juga: Peran Penting Cat Finishing Besi Anti Karat agar Optimal

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu