...

Wajib Tahu! Ini Tahapan Maintenance Kapal sebelum Berlayar

Perlautan
Maintenance Kapal Cat Anti Fouling Tosadah

Maintenance kapal merupakan rangkaian perawatan yang perlu dilakukan agar tetap bisa beroperasi dalam jangka panjang dan tidak mudah keropos. Bentuk perawatan pada kapal ini terdiri dari berbagai macam tindakan, mulai dari pemeriksaan secara rutin dan menyeluruh, pembersihan, pemeliharaan, hingga melakukan perbaikan. 

Semua aktivitas ship maintenance tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Butuh perhatian, pengetahuan, ketelitian, dan juga komitmen yang tinggi sehingga menjadi Kunci Penting untuk Performa Kapal. Seperti apa tahapan dari perawatan kapal tersebut? Berikut ulasannya. 

Panduan Maintenance Kapal Agar Tidak Mudah Keropos

Pada saat maintenance berlangsung dan ditemukan masalah, umumnya pihak terkait akan segera melakukan penanganan. Ini dimaksudkan agar kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah hingga menghambat operasional kapal. Selain itu, dengan pemeliharaan yang tepat bisa meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan pada saat berlayar karena performa kapal yang tidak maksimal. Berikut beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam merawat kapal. 

1. Pemeriksaan Rutin

Tahap pertama dalam rangkaian perawatan kapal adalah melakukan pemeriksaan secara rutin. Ini diperlukan untuk memastikan semua sistem pada kapal berfungsi dengan baik. Selain itu, pemeriksaan rutin juga memungkinkan untuk deteksi dini terhadap potensi masalah. Dengan kata lain, tahap awal ini mencakup pemeriksaan secara visual terhadap struktur kapal, pemeriksaan mein, pengecekan peralatan keselamatan, dan sistem lainnya. 

2. Pelumasan yang Tepat

Tahap yang kedua adalah memberi pelumasan yang tepat terhadap mesin. Dengan cara ini diharapkan bisa mencegah terjadinya gesekan antar komponen pada mesin yang berdampak pada keausan dan bahkan kerusakan prematur. 

3. Pembersihan Rutin

Tahap yang ketiga adalah melakukan pembersihan pada seluruh bagian kapal secara rutin. Terutama pada kapal wilayah operasionalnya adalah lautan sehingga kerap terpapar air garam, lumut, atau organisme lain yang berpotensi merusak kapal. Salah satu bagian kapal yang mendapat perhatian lebih karena paling sering terkena air adalah bagian lambung. 

4. Pemeliharaan Cat 

Selain memperindah tampilan kapal, cat juga berfungsi untuk melindungi struktur kapal terhadap korosi. Inilah yang membuat people also ask jenis cat seperti apa yang cocok diaplikasikan untuk maintenance kapal secara menyeluruh. Untuk hasil terbaik, disarankan untuk menggunakan cat Antifouling yang mampu memberikan perlindungan terbaik di bagian bawah kapal. 

Sedangkan cat pelapis anti karat yang paling direkomendasikan adalah cat Epoxy. Kedua jenis cat tersebut merupakan produk dari PT Tosadah yang terkenal sebagai distributor cat pelapis anti karat yang mampu menyediakan berbagai produk kelas dunia. 

5. Pemeriksaan Mesin

Selain memberi pelumasan yang tepat, Anda juga harus melakukan pemeriksaan terhadap mesin. Sebagai jantung kapal, penting untuk mengecek secara rutin dan segera melakukan perbaikan apabila ditemukan masalah sehingga performanya tidak terganggu. 

6. Maintenance Sistem Navigasi dan Komunikasi

Kapal akan bisa beroperasi dengan lancar apabila dilengkapi dengan sistem navigasi dan komunikasi yang berfungsi dengan baik. Untuk itu, peralatan ini tidak boleh sampai terabaikan karena fungsinya yang sangat krusial. 

7. Penggunaan Alat Pelindung bagi Awak Kapal dan Peralatan Keselamatan Lainnya

Tahap terakhir yang harus dilakukan saat melakukan serangkaian perawatan kapal adalah menggunakan alat pelindung dan juga peralatan keselamatan. Kedua item ini memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan para awak kapal yang hendak melakukan maintenance pada kapal sehingga harus selalu dalam keadaan yang baik dan mudah untuk diakses. 

Perawatan kapal merupakan sebuah tugas yang membutuhkan dedikasi dan komitmen tinggi agar upaya yang dilakukan bisa bermanfaat dalam jangka panjang. Kapal yang terawat dengan baik tentunya memiliki kinerja yang baik pula. Jangan lupa, selalu gunakan yang terbaik saat melakukan maintenance kapal. 

Anda juga harus memberikan perhatian khusus untuk bahaya yang dapat merusak kapal. Salah satunya yaitu Korosi Galvanik, Ancaman Berbahaya untuk Kapal Laut yang menjadi gangguan untuk maintenance kapal. 

Jika membutuhkan cat pelindung yang berkualitas, Anda bisa menemukannya di halaman produk. Apabila ingin membeli cat, berkonsultasi, atau bahkan ingin menyewa jasa pengecatan kapal, bisa langsung menghubungi tim PT Tosadah melalui kontak yang tertera di halaman website. 

Bagikan Artikel :

Menu