...

Pentingnya Menguji Daya Rekat Cat Saat Proses Coating

Inspirasi
Proses Coating Aset Benda Besi Tosadah

Proses coating adalah cara untuk melapisi sebuah benda setelah benda tersebut dicat. Tujuan dari proses ini adalah agar benda tersebut terlihat lebih mengkilap, tidak kusam, hingga memperindah penampilan.

Ketika proses ini sedang berlangsung, ada suatu hal yang tak kalah penting untuk dilakukan, yaitu pengujian daya rekat cat. Mengapa demikian? Simak alasan selengkapnya di bawah ini.

Pengujian Daya Rekat Cat Ketika Proses Coating

Alasan utama mengapa daya rekat cat penting untuk diuji adalah agar pengecat mengetahui apakah pelapis atau cat yang digunakan bisa menempel dengan sempurna pada sebuah benda. Jika cat tersebut memiliki daya rekat yang kuat, maka bisa dikatakan bahwa Proses Finishing Cat Besi berjalan sempurna. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mengetahui hal tersebut, yaitu:

1. Tes Penarikan

Gaya tarik menarik antara coating dengan benda yang dilapisi atau adhesi akan diuji dengan cara ini. Tes ini akan melihat besarnya gaya tarik yang diperlukan untuk membuat lapisan coating lepas dari benda secara tegak lurus.

Cara melakukan tes ini adalah dengan meletakkan dollies secara tegak lurus dengan perekat pada permukaan benda yang sudah dilapisi. Lalu, alat tes akan dipasangkan ke dollies dan disejajarkan sehingga ia juga tegak lurus dengan permukaan.

Jika sudah, maka permukaan akan diberi gaya secara bertahap hingga coating terlepas. Penguji akan melihat berapa nilai yang dicapai saat coating dilepas. Biasanya, penguji akan menggunakan peralatan yang sederhana. Namun jika ia memerlukan akurasi tinggi, maka ia bisa menggunakan peralatan yang lebih canggih, yakni bond tester.

2. Tes Penggoresan

Selanjutnya adalah tes penggoresan. Tes penggoresan adhesi digunakan untuk mengukur gaya tarik cat pelapis organik saat digunakan di atas lapisan yang halus dan datar. Tes ini bisa membantu penguji untuk menentukan nilai pada benda yang sudah dilapisi oleh berbagai cat pelapis saat proses coating. Nilai ini bisa menunjukan perbedaan adhesi dari masing-masing pelapis.

Benda yang digunakan untuk tes ini adalah panel-panel datar dengan ketebalan sama. Biasanya, panel ini terbuat dari logam. Setelah panel-panel tersebut sudah dilapisi dan dikeringkan, penguji akan menggunakan alat stylus untuk menekan panel-panel tersebut dari sisi yang tidak terlapisi cat. 

Saat ditekan, penguji akan menambahkan berat dari alat tersebut secara bertahap hingga cat pelapis bisa terangkat dari permukaan tersebut. Jika cat pelapis sudah mulai retak, maka penguji akan mencatat ketahanan dari cat pelapis tersebut atau yang biasa disebut sebagai nilai fleksibilitas coating.

3. Tes Cross Cut

Tes ini dilakukan untuk menguji gaya tarik cat pelapis dengan benda yang dilapisi. Alat yang digunakan dalam cat ini berbentuk pemotong sehingga penguji bisa memotong pola permukaan benda yang dilapisi sampai menembus benda itu sendiri. Saat pengujian sistem multi-coat, resistensi hingga pemisahan dari berbagai lapisan dapat ditentukan.

Ada dua cara yang bisa dilakukan penguji untuk tes ini berdasarkan spesifikasi ASTM, yaitu:

1. Tes Metode ASTM D 3359 A

Dengan metode ini, penguji akan membuat potongan berbentuk silang yang menembus film ke benda menggunakan alat carbide tip. Selotip yang sensitif akan tekanan akan diletakkan di atas potongan.

Lalu, selotip tersebut ditekan dengan penghapus pensil di atas daerah yang dipotong. Setelah itu, selotip ditarik ke belakang dengan sudut 180 derajat secara cepat. Penguji pun akan menilai adhesi dari cat tersebut

2. Tes Metode ASTM D 3359 B

Metode ini serupa dengan metode sebelumnya. Perbedaannya, serpihan cat pelapis yang terlepas saat benda dipotong akan disikat dengan lembut agar hilang terlebih dahulu.

Itulah manfaat dan cara pengujian daya rekat cat saat proses coating. Terdapat Perbedaan Fungsi Cat Epoxy dan Epoxy Coating, Jangan Keliru! Sehingga proses pengecatan dapat sempurna. 

Untuk membantu Anda lebih jauh dalam proses ini, Anda bisa menggunakan cat pelapis yang berkualitas dari berbagai distributor seperti PT. Tosadah. Klik di sini untuk informasi selanjutnya. 

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu