...

Pelajari Alasan Cat Pesawat Menggunakan Cat Enamel

Umum
Cat Pesawat Enamel Tosadah

Cat enamel banyak dipakai untuk pengecatan berbagai bagian di pesawat terbang, karena memiliki berbagai alasan dan keunggulan. Memilih cat pesawat tentunya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena dapat berpengaruh terhadap berbagai hal.

Dengan memilih cat yang tepat serta melakukan pengecatan dengan teknik yang sesuai, maka pesawat akan tampil dengan lebih menarik dan tetap aman.

Mengenal tentang Cat Pesawat

Ketika melakukan pengecatan berbagi bagian pesawat, caranya tidak berbeda jauh dengan mengecat alat transportasi lainnya. Namun, diperlukan pengetahuan yang khusus dan spesifik ketika akan melakukan pengecatan. 

Pengecatan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan atau asal-asalan, karena bisa berpengaruh terhadap bobot dari pesawat.

Untuk bisa mengecat dengan optimal, biasanya menggunakan metode semprot, sehingga hasilnya tipis serta bertekanan rendah. Salah satu jenis cat yang bisa dipakai untuk kapal udara adalah cat enamel. Tentunya, pemilihan jenis cat ini juga berdasarkan berbagai alasan.

Alasan Penggunaan Cat Enamel untuk Pesawat

Cat enamel banyak dipilih dan diaplikasikan pada pesawat karena berbagai alasan, berikut merupakan penjelasan lebih lengkapnya.

1. Cocok untuk Alat Transportasi Udara

Tidak semua jenis cat bisa menjadi cat pesawat, karena pesawat memiliki intensitas yang tinggi untuk menghadapi berbagai paparan cuaca. Cat enamel menjadi pilihan yang tepat karena memang dirancang khusus untuk hal tersebut.

Cat ini memang didesain untuk digunakan pada kapal udara dan memiliki daya tahan yang tinggi. Cat ini tahan panas, sehingga bisa menghadapi paparan matahari dengan intensitas yang tinggi.

Jika menggunakan cat yang tidak didesain untuk pesawat, maka bisa saja ketahanannya menurun seiring banyaknya perjalanan yang ditempuh. Cat biasa tidak memiliki ketahanan yang cukup untuk menghadapi kelembaban udara atau paparan sinar matahari yang ekstrem.

2. Mempertegas Desain dan Warna Pesawat

Fungsi penting dari cat enamel adalah untuk mempertegas desain dari kapal udara. Cat ini cocok untuk digunakan oleh alat transportasi udara, karena memiliki warna yang baik dan sehingga Anda bisa menyesuaikan pengecatan dengan desain yang sudah dibuat.

3. Aman Digunakan

Sebenarnya, terdapat dua jenis cat yang utama dipakai untuk pesawat, yakni cat enamel serta cat epoksi. Namun, cat epoksi bisa mengeluarkan gas berbahaya ketika diaplikasikan. Maka dari itu, penggunaannya harus dilakukan dengan lebih berhati-hati.

Hal tersebut berbeda dengan cat enamel yang tidak mengeluarkan gas tertentu ketika disemprotkan, sehingga penggunaannya menjadi lebih aman.

4. Biaya Lebih Murah

Keunggulan ketiga yang dimiliki oleh cat enamel yaitu biayanya yang terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan cat yang umum lainnya, yaitu epoksi. Dengan harga yang lebih murah ini, penggunaannya semakin menjadi pertimbangan.

Dengan biaya pembelian cat yang lebih murah, maka biaya pembuatan pesawat atau pengecatan ulang juga akan menjadi lebih murah.

Di samping keunggulan cat enamel di atas, cat epoksi juga memiliki keunggulan lainnya. Cat epoksi tidak sekeras cat enamel, sehingga hasilnya tidak mudah rapuh atau pecah ketika sudah diaplikasikan. Ketahannya juga terbilang cukup tinggi sehingga tidak mudah pudar atau mengalami proses oksidasi.

Karena keduanya memiliki keunggulannya masing-masing, maka bisa juga dipakai secara bersamaan. Tidak jarang pemakaian cat enamel difokuskan untuk mempertegas desain dan warna, lalu ditambahkan dengan cat epoksi supaya semakin kuat dan berkilau.

Pada dasarnya, dibutuhkan pemilihan cat yang tepat serta teknik yang profesional untuk bisa melakukan pengecatan berbagai bagian maskapai.

Supaya hasil cat kapal udara menjadi bagus dan memiliki daya tahan tinggi, maka penting untuk memilih produk cat yang terbaik.

Misalnya, dengan Cat Epoxy Primer dari PT Tosadah yang bisa memberikan perlindungan ekstra untuk pesawat. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda bisa membaca berbagai informasi di blog atau langsung menghubungi kontak.

Bagikan Artikel :

Menu