...

Cara Mengecat Lambung Kapal agar Tidak Karatan

Perlautan
Pengecatan Lambung Kapal dengan Cat Antifouling Anti Karat PT Tosadah

Karat atau korosi merupakan ancaman yang serius untuk kapal, sehingga perlu dilakukan berbagai pencegahan supaya dampak negatifnya bisa diminimalisir. Pengecatan bagian lambung kapal juga menjadi penting untuk mencegah terjadinya korosi.

Pengecatan kapal sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan, karena bisa membuat hasilnya menjadi tidak maksimal. Berbagai langkahnya juga perlu diperhatikan dengan baik, sehingga tidak terjadi kesalahan di akhir.

Cara Mengecat Lambung Kapal agar Tidak Karatan

Inilah cara mengecat bagian lambung dari kapal, supaya kapal bisa lebih terhindar dari risiko karatan atau korosi. Setiap tahap pengecatan ini perlu dilakukan dengan baik, sehingga hasilnya bisa maksimal.

1. Memilih Cat Anti Karat yang Berkualitas

Kapal merupakan alat transportasi air, sehingga sangat tinggi intensitasnya terpapar air laut serta berbagai macam cuaca. Tidak semua jenis cat bisa cocok dan berfungsi dengan maksimal dalam hal tersebut.

Pemilihan cat yang kurang tepat bisa membuat fungsi pelapis tidak berjalan dengan baik. Anda perlu memilih cat berkualitas yang anti karat sehingga bisa memberikan perlindungan secara tepat dan optimal untuk berbagai bagian kapal.

2. Cat Dasar untuk Memulai Pengecatan

Biasanya, pengecatan dimulai dari tahap melapisi lambung kapal dengan cat dasar atau primer coat. Cat ini cenderung memiliki daya lekat yang terbilang kuat untuk nantinya dipadukan dengan cat selanjutnya.

Cat dasar ini juga memiliki fungsi untuk melindungi kapal dari risiko korosi karena mengandung komponen anti karat.

3. Cat Tengah atau Intermediate Coat

Setelah memberi lapisan cat dasar, tahap pengecatan dilanjutkan dengan memberi cat tengah jika diperlukan. Seringkali, terdapat berbagai bagian dari kapal yang memerlukan tingkat ketebalan tertentu, sesuai dengan fungsi dari bagian tersebut.

Jika memang hal tersebut diperlukan, maka Anda bisa memakai cat tengah. Pastikan bahwa cat ini bisa menempel dan menyatu dengan baik pada cat dasar yang sudah dilapiskan sebelumnya.

4. Tahap Akhir Pengecatan

Setelah cat dasar aman dan ketebalannya juga sudah sesuai dengan kebutuhan di tiap-tiap bagian kapal, maka bisa lanjut dengan menambahkan cat akhir. Cat ini diperlukan untuk melindungi bahan kapal dari korosi.

Selain itu, cat ini juga berfungsi supaya mencegah berbagai jenis binatang laut menempel. Ketika kapal sedang mengarungi lautan, bisa jadi terdapat banyak binatang laut di sekitarnya. Perlu ada pencegahan supaya mereka tidak menempel ataupun mengganggu jalannya kapal.

5. Proteksi Katodik Bisa Ditambahkan

Untuk lebih melindungi kapal dari risiko terjadinya korosi, maka bisa juga dengan menambahkan proteksi katodik. Dengan menambahkan proteksi ini, maka akan perlindungan tambahan selain cat anti karat.

6. Pastikan Arus Listrik Aman

Hal penting lainnya yang bisa mencegah korosi kapal adalah dengan memastikan berbagai arus listrik di kapal telah tertata dengan rapi dan aman. 

Arus listrik yang liar atau tidak dikondisikan dengan baik bisa membuat risiko terjadinya korosi semakin meningkat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mengecek dan memastikan semua arus listrik ketika melakukan pengecatan. Dengan begitu, setelah berakhirnya proses pengecatan, kapal telah terlindungi dengan lebih optimal.

Itulah cara mengecat kapal, pastikan prosesnya dilakukan oleh yang ahli di bidang tersebut supaya tidak terjadi kesalahan. Proses ini tidak bisa dilakukan secara asal, karena bisa membuat hasilnya menjadi tidak optimal dan tidak tahan lama.

Pengecatan menjadi penting supaya kapal bisa tampil menarik serta lebih terlindung dari ancaman korosi. Pengecatan ini juga bisa berfungsi untuk mencegah berbagai binatang laut menempel pada bagian kapal.

Jika Anda ingin hasil pengecatan lambung kapal yang maksimal, maka penting untuk memilih cat yang berkualitas, misalnya Cat Primer Marine Epoxy dari PT Tosadah. Cat tersebut bisa memberikan perlindungan ekstra untuk kapal. 

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di halaman blog. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat pada halaman produk. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu