...

Berikut Beberapa Jenis Pemeliharaan Gedung yang Wajib Diperhatikan

Article, Industri
pemeliharaan gedung - Tosadah pelopor cat besi anti karat

Setiap aset gedung tentunya perlu dipelihara dengan baik, jangan sampai dibiarkan setelah pembangunan atau dipelihara secara asal-asalan. Ada beberapa jenis pemeliharaan gedung yang perlu Anda pahami dan terapkan.

Artikel kali ini akan membahas hal tersebut, serta bagaimana layanan dari pemeliharaan ini dan rekomendasi produk yang tepat untuk melakukan pemeliharaan secara optimal. Simak hingga tuntas dan pastikan gedung Anda terjaga, sehingga kekuatannya terjamin dan fungsinya bisa berjalan dengan baik.

Wajib Tahu! Alasan Cat Gedung dari Baja Awet Tahan Lama yang akan membantu Anda memahami pentingnya pemilihan produk yang tepat untuk menjaga daya tahan dan kualitas bangunan.

Apa itu Pemeliharaan Gedung?

Pemeliharan terhadap gedung adalah pekerjaan atau usaha untuk memastikan bahwa gedung tetap sesuai standar kelayakan dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Pemeliharaan ini pun perlu disesuaikan dengan jenis gedungnya secara spesifik, sehingga setiap bagiannya dapat tetap terjaga.

Jenis-jenis Pemeliharaan Gedung

Meski perlu disesuaikan dengan spesifikasi gedung, namun secara umum terdapat beberapa jenis pemeliharaan yang dapat dilakukan, yakni sebagai berikut.

1. Preventive Maintenance

Pertama, ada pemeliharaan preventif yang merupakan langkah perawatan rutin dengan tujuan untuk mencegah berbagai risiko masalah yang mungkin terjadi di gedung Anda.

Dengan adanya pemeliharaan ini, maka Anda bisa memastikan bahwa setiap gedung tetap bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

2. Predictive Maintenance

Kedua, ada pemeliharaan prediktif yang dilakukan setelah adanya hasil inspeksi atau pemantauan. Ini adalah tindakan untuk menganalisis aset gedung dengan memperhatikan pola kerjanya, sehingga berbagai prediksi kerusakan dapat diperoleh.

Teknologi yang tepat akan digunakan dalam hal ini, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan identifikasi berbagai kemungkinan kerusakan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai eliminasi dari kegagalan.

3. Corrective Maintenance

Pemeliharaan gedung jenis ini adalah tindakan yang dilakukan ketika kerusakan sudah muncul. Hal ini bisa berupa kerusakan total maupun kerusakan umum.

Tindakan ini akan memperbaiki berbagai kerusakan dan mencegah munculnya kerusakan yang lebih parah jika tidak segera ditangani.

4. Breakdown Maintenance

Terakhir, ada breakdown maintenance yang dilakukan secara tidak terencana atau di luar jadwal perbaikan. Tindakan mendadak ini memang dinilai kurang baik, sebab bisa saja akan muncul berbagai hal yang di luar perencanaan atau prediksi.

Dampaknya, bisa saja membuat biaya menjadi tinggi atau waktu perbaikan menjadi panjang.

Bagaimana Layanan Pemeliharaan Gedung?

Layanan pemeliharaan aset gedung adalah jenis layanan yang terdiri dari berbagai jenis, antara lain yakni sebagai berikut.

1. Pemeliharaan Rutin Harian

Sesuai namanya, inilah pemeliharaan yang dilakukan secara rutin setiap harinya. Pemeliharaan ini bertujuan untuk memastikanb bahwa bangunan tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan tepat. Misalnya, saluran air dan sistem kelistrikan berfungsi baik.

2. Pemeliharaan Rutin Berkala

Kedua, ada pemeliharaan dengan kurun waktu tertentu yang sudah direncanakan, misalnya beberapa bulan atau beberapa tahun sekali. Hal ini menjadi penting untuk mengecek apakah ada kerusakan pada gedung atau tidak.

Tindakan ini juga dapat mencegah terjadinya berbagai perbaikan darurat atau kerusakan yang dapat berisiko terhadap keselamatan.

3. Perubahan dan Penambahan

Selanjutnya, ada pemeliharaan dengan cara melakukan perubahan atau penambahan untuk bagian tertentu di gedung Anda. Tindakan ini tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna bangunan, supaya gedung berfungsi secara lebih efisien.

4. Pemeliharan secara Khusus

Terakhir, ada pemeliharaan yang secara khusus diperuntukkan bagi bagian gedung atau fasilitas yang mengalami kerusakan tertentu. Hal ini bisa disebabkan waktu pakainya yang sudah terlalu lama ataupun faktor lainnya.

Pemeliharaan ini sangat penting dilakukan, supaya kerusakan tersebut tidak mengganggu fungsi bangunan secara keseluruhan. Selain itu, dapat mencegah munculnya kerusakan yang jauh lebih besar.

Wujudkan Pemeliharaan Gedung Anda bersama Tosadah

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya kini Anda semakin paham tentang pemeliharaan yang tepat bagi gedung. Untuk bisa melakukan setiap jenis pemeliharan dengan baik, maka pastikan Anda juga memakai berbagai produk terbaik.

Mari melakukan pemeliharaan terbaik bersama Tosadah dengan berbagai produk di bawah ini. Segera hubungi kontak untuk pemesanan lebih lanjut atau kunjungi blog untuk menyimak berbagai artikel lainnya.

1. Produk untuk Building & Structure

Pertama, ada produk yang didesain untuk Building & Structure. Perlu dipahami bahwa kualitas dari sebuah bangunan, terlebih strukturnya, dapat dinilai dari kekokohannya. Maka dari itu, produk Tosadah dapat memberikan Anda lapisan yang tangguh dan kokoh untuk aset bangunan.

Anda bisa melindungi logam, beton, kayu, dan berbagai bahan lainnya. Selain itu, dapat juga dipakai untuk perekat struktural. Di bawah adalah berbagai produk terbaik dari Tosadah untuk Building & Structure.

  • Primer

Pertama, ada Cat Primer Epoxy yang merupakan produk dengan daya lapis tinggi dari PT Tosadah. Anda dapat memakainya untuk melapisi pori, memberikan perlindungan anti karat, dan melapisi retakan di permukaan.

Cat ini dapat melindungi permukaan dari perubahan cuaca, goresan, dan bahan kimia. Selain itu, khasiatnya juga dapat menjaga struktur bangunan dan ketahanannya, serta memiliki hasil akhir yang matte.

  • Finishing

Kedua, ada Polyurethane yang merupakan cat finishing dari PT Tosadah. Lapisan ini didesain untuk iklim dan suhu di Indonesia, sehingga bisa memberikan berbagai perlindungan secara maksimal. Ketahanannya akan sinar ultraviolet sangat tinggi dan hasil akhirnya glossy.

Dengan adanya lapisan ini, maka Anda dapat melindungi aset bangunan sekaligus membuat visual permukaannya tampak lebih menarik.

  • Speciality

Selanjutnya, ada produk yang didesain secara khusus untuk aset tertentu dari bangunan Anda, yakni Cat Food Grade dan Cat Besi Tahan Panas.

Cat Food grade adalah produk dari PT Tosadah yang aman untuk dipakai dalam melindungi peralatan yang didesain bersentuhan langsung dengan berbagai bahan maupun produk makanan.

Maka dari itu, komponennya tidak memakai bahan kimia, sehingga dapat melindungi permukaan dari berbagai makanan yang diletakkan di sana.

Lalu, untuk Cat Besi Tahan Panas, ini adalah produk yang memiliki fleksibilitas dan daya rekat tinggi dari PT Tosadah. Inilah pelapis yang dapat digunakan untuk berbagai aset yang bersentuhan langsung dengan berbagai zat atau benda dengan panas tingkat tinggi.

Anda dapat memakainya untuk berbagai material dan mendapatkan hasil akhir yang glossy.

2. Produk untuk Industrial & Mining

Untuk berbagai aset Industrial & Mining (Industri dan Pertambangan), gunakan produk Tosadah supaya terhindar dari risiko kerusakan tanah, dekontaminasi, serta berbagai benturan.

  • Primer

Untuk cat primer atau lapisan dasar, Anda dapat memanfaatkan Cat Primer Anti Karat Epoxy supaya terhindar dari risiko korosi. Dengan produk ini, maka Anda dapat memberikan perlindungan tambahan untuk kondisi lingkungan industri hingga pertambahan.

  • Finishing

Selanjutnya, Cat Polyurethane Tosadah dapat menjadi pilihan tepat untuk tahap finishing. Hasil akhirnya akan memberikan perlindungan maksimal, meningkatkan kilau permukaan, dan memiliki ketahanan yang baik.

  • Speciality

Ketiga, ada produk Cat Besi Tahan Panas dengan fleksibilitas dan daya rekat baik. Anda dapat mengaplikasikannya di berbagai material untuk memberikan perlindungan terhadap panas hingga di atas 300 derajat Celcius.

Pada dasarnya, pemeliharaan terhadap aset gedung adalah langkah penting yang sebaiknya tidak dilupakan. Pastikan bahwa pemeliharaan dilakukan dengan tepat dan produk yang berkualitas.

Salah satu aspek penting dalam pemeliharaan ini adalah pengecatan, terutama ketika melibatkan material besi. Pentingnya Cat Epoxy Anti Karat pada Pengecatan Gedung Besi tidak boleh diabaikan, karena cat ini memberikan perlindungan ekstra terhadap korosi dan memperpanjang usia material besi dalam gedung.

Supaya hasilnya maksimal, Anda sebaiknya menggunakan berbagai produk terbaik dari PT Tosadah untuk pemeliharaan gedung. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan kunjungi juga blog kami untuk membaca berbagai artikel lainnya.

Bagikan Artikel :

Menu