...

Apa itu Perawatan Preventif? Pengertian dan Contohnya

Article
perawatan preventif adalah - Tosadah pelopor cat besi anti karat

Perawatan preventif adalah salah satu jenis perawatan untuk aset bangunan yang penting untuk Anda lakukan. Dengan adanya perawatan yang tepat, maka Anda bisa mengurangi berbagai risiko kerusakan di masa mendatang.

Artikel kali ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan perawatan preventif, alasan pentingnya perawatan ini, jenis-jenis dan contohnya, hingga berbagai produk yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perawatan preventif secara optimal.

Namun, sebelum menyelami lebih dalam tentang perawatan preventif, mari kita pahami terlebih dahulu Apa itu Perawatan Korektif? Pengertian dan Contohnya dan bagaimana kaitannya dengan perawatan preventif.

Apa itu Perawatan Preventif?

Pertama-tama, mari mengenal tentang apa yang dimaksud dengan perawatan preventif, khususnya untuk aset bangunan.

Perawatan preventif adalah jenis perawatan atau pemeliharaan yang dilakukan pada bangunan Anda dengan tujuan untuk mencegah munculnya berbagai masalah yang potensial.

Dengan adanya perawatan ini, maka Anda dapat memeriksa berbagai bagian bangunan, melakukan pembersihan rutin, dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Mengapa Perawatan Preventif itu Penting?

Perawatan preventif adalah langkah penting untuk macam-macam aset bangunan karena berbagai alasan di bawah ini.

1. Menjadi Lebih Efisien

Adanya pemeriksaan sebelum terjadi kerusakan adalah langkah yang efisien dalam melindungi bangunan Anda. Dengan tindakan perawatan ini, maka Anda bisa lebih mudah untuk memantau berbagai kondisi dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Mengurangi Biaya Perbaikan yang Lebih Besar

Adanya perawatan preventif membuat Anda dapat mengetahui kondisi terkini dari berbagai bagian bangunan. Jika terdapat kerusakan pun terdeteksi sejak dini sehingga perbaikan bisa segera dilakukan. Hal ini tentunya dapat mencegah munculnya kerusakan yang lebih besar dan biaya perbaikan yang juga lebih tinggi.

3. Membuat Bangunan Lebih Awet

Perawatan preventif adalah langkah tepat untuk membuat bangunan Anda menjadi lebih awet.

4. Menjaga Nilai Fungsi Bangunan

Selanjutnya, nilai fungsi suatu bangunan juga tetap terjaga dengan adanya perawatan yang tepat, terlebih perawatan preventif yang dapat meminimalisir risiko kerusakan.

Jenis-jenis dari Perawatan Preventif

Perawatan preventif adalah jenis perawatan yang dapat dilakukan dalam berbagai jenis, berikut penjelasannya.

1. Pemeriksaan berdasarkan Waktu

Pertama, pemeriksaan dapat dilakukan berdasarkan waktu pemeliharaan. Misalnya, pemeriksaan rutin setiap bulan, setiap beberapa bulan sekali, dan setiap tahun.

2. Pemeriksaan berdasarkan Penggunaan

Selanjutnya, ada pemeriksaan berdasarkan penggunaan dari bangunan tersebut. Misalnya, bangunan dengan intensitas pemakaian yang tinggi di ruang publik dapat diperiksa dalam

3. Pemeriksaan berdasarkan Kondisi

Ada juga pemeriksaan yang didasarkan dari kondisi terbaru dari setiap aset bangunan. Jadi, satu bagian bangunan bisa jadi mendapatkan pemeliharaan yang berbeda dengan bagian yang lain.

4. Pemeriksaan Prediktif

Selanjutnya, ada pemeriksaan prediktif yang dilakukan dengan mengaplikasikan teknik atau alat khusus yang bisa digunakan untuk memantau kondisi  bangunan dan peralatan di dalamnya.

Misalnya, memantau getaran untuk memeriksa titik panas dari berbagai sistem kelistrikan di dalam bangunan. Selain itu, berbagai teknik juga dapat diaplikasikan untuk memantau kondisi bangunan, misalnya bagian lantai dan dindingnya.

Contoh Perawatan Preventif

Sesuai penjelasan sebelumnya, perawatan preventif adalah langkah penting yang diperlukan untuk aset bangunan, di bawah ini adalah beberapa contohnya.

1. Pembersihan Rutin

Pertama, Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin supaya setiap aset bangunan dapat tetap terjaga. Pembersihan rutin juga dapat mencegah munculnya berbagai kerusakan dalam bangunan Anda.

2. Pengecekan Berkala untuk Setiap Bagian Bangunan

Selanjutnya, ada pengecekan berkala yang sebelumnya telah dibahas dalam jenis-jenis perawatan preventif. Anda dapat melakukan pengecekan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan aset bangunan. Setiap bagian pun bisa saja membutuhkan intensitas pengecekan yang berbeda.

3. Melakukan Perbaikan jika Tampak Kerusakan

Jika tampak kerusakan, maka Anda dapat melakukan perbaikan dengan segera. Hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai kerusakan yang lebih besar di kemudian hari.

Jadi, perawatan preventif adalah langkah tepat untuk  mendukung berbagai perbaikan sedini mungkin. Perbaikan ini juga perlu dilakukan secara optimal dengan bahan berkualitas, supaya kedepannya semakin awet.

Wujudkan Perawatan Preventif Anda bersama Tosadah

Untuk bisa melakukan perawatan terbaik, maka pastikan Anda memakai produk dari Tosadah. Segera hubungi kontak untuk pemesanan lebih lanjut atau kunjungi blog untuk menyimak berbagai artikel lainnya.

Di bawah ini adalah berbagai produk yang dapat memaksimalkan perawatan, mulai dari Produk untuk Building & Structure hingga Industrial & Mining.

1. Produk untuk Building & Structure

Anda sebaiknya memahami bahwa kualitas dari sebuah bangunan dapat dinilai dari kekokohannya. Produk Tosadah telah didesain untuk dapat membantu Anda dalam mencapai hal tersebut, karena lapisannya membuat aset bangunan Anda kokoh dan tangguh.

Anda bisa mengaplikasikannya untuk melindungi permukaan beton, logam, kayu, dan berbagai bahan lainnya. Selain itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai perekat struktural. Berikut adalah produk terbaik dari Tosadah untuk Building & Structure.

  • Primer

Cat Primer Epoxy merupakan produk pelapis dengan daya lapis tinggi dan anti karat dari PT Tosadah. Cat ini dapat memberikan perlindungan terhadap aset bangunan dari perubahan cuaca, goresan, hingga bahan kimia.

Hasil akhirnya yang matte dan khasiatnya dalam menjaga struktur bangunan membuat produk ini patut menjadi pilihan terbaik.

Anda bisa mengaplikasikannya untuk melapisi pori, memberikan perlindungan anti karat, dan melapisi retakan di permukaan.

  • Finishing

Untuk pelapis finishing, Polyurethane merupakan produk dari PT Tosadah yang didesain untuk iklim dan suhu di Indonesia. Anda akan mendapatkan hasil akhir yang glossy dan perlindungan terbaik untuk paparan sinar ultraviolet.

  • Speciality

Ada pula produk yang didesain secara khusus, yaitu Cat Food Grade dan Cat Besi Tahan Panas.

Cat Food Grade adalah produk andalan dari PT Tosadah, didesain untuk melindungi aset bangunan yang bersentuhan langsung dengan berbagai produk maupun bahan makanan.

Dengan komponen yang tidak memakai bahan kimia, maka pelapis ini dapat melindungi permukaan dari berbagai bahan makanan. Hal ini bisa mengurangi risiko korosi pada permukaan aset bangunan.

Selanjutnya, Cat Besi Tahan Panas merupakan produk yang memiliki fleksibilitas dan daya rekat tinggi dari PT Tosadah.

Anda dapat mengaplikasikannya untuk berbagai aset bangunan yang bersentuhan langsung dengan berbagai zat atau benda dengan panas tingkat tinggi. Selain itu, hasil akhirnya glossy sehingga tampak menarik.

2. Produk untuk Industrial & Mining

Untuk berbagai aset Industrial & Mining (Industri dan Pertambangan), berbagai produk di bawah ini dapat menjadi pilihan tepat. Aset bangunan akan terhindar dari risiko kerusakan tanah, dekontaminasi, serta berbagai benturan.

  • Primer

Anda dapat mengaplikasikan Cat Primer Anti Karat Epoxy supaya terhindar dari risiko korosi. Produk ini akan memberikan perlindungan ekstra untuk lingkungan industri hingga pertambahan.

  • Finishing

Cat Polyurethane Tosadah adalah pilihan tepat untuk tahap finishing aset bangunan Anda. Produk ini memiliki ketahanan baik sehingga memberikan perlindungan maksimal. Selain itu, juga dapat meningkatkan kilau permukaan.

  • Speciality

Ketiga, ada produk Cat Besi Tahan Panas yang memiliki fleksibilitas dan daya rekat baik. Produk ini dapat diaplikasikan untuk berbagai material dan memberikan perlindungan terhadap panas hingga di atas 300 derajat Celcius.

Dalam memastikan fungsi gedung dapat berjalan baik, tentunya preventive maintenance menjadi langkah penting yang perlu Anda lakukan. Wajib Tahu! Alasan Cat Gedung dari Baja Awet Tahan Lama juga menjadi salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan.

Perawatan preventif adalah langkah yang sebaiknya tidak dilewatkan dan berbagai produk dari PT Tosadah dapat menjadi pilihan tepat untuk mendukungnya. Segera hubungi kontak untuk berbagai informasi lebih lanjut dan kunjungi blog untuk membaca artikel lainnya.

Bagikan Artikel :

Menu