...

6 Tips Memilih Produk Metal Coating yang Berkualitas

Inspirasi
Metal Coating Tosadah Besi Anti Karat Cat

Metal coating adalah pelapis yang diterapkan pada bahan logam besi untuk melindungi bahan metal dan meminimalisir kerusakan. Logam yang tidak terlindungi akan berkarat dan terkorosi karena paparan lingkungan.

Dengan melapisi logam, lapisan perlindungan ekstra diberikan. Pelapis logam sering dibuat dari polimer, seperti epoksi, poliuretan, dan uretan yang mengatasi kelembapan.

Berbagai pelapis dapat diterapkan pada logam, dan pilihan jenis pelapis mana yang akan diterapkan ditentukan oleh penggunaan akhir produk logam tersebut. Beberapa jenis pelapis logam dirancang untuk melindungi logam dari karat, korosi, kotoran, dan jamur. Namun, Anda juga perlu tahu 3 Bidang Besi yang Wajib Pakai Cat Pelapis Anti Karat

6 Tips Memilih Produk Metal Coating Terbaik

Karena ada berbagai jenis pelapis logam, tentu saja ada beberapa faktor berbeda yang perlu dipertimbangkan saat memilih produk pelapis yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda. Ikutlah tips di bawah ini agar Anda bisa menemukan produk pelapis logam terbaik!

1. Menentukan Tujuan

Untuk membuat pilihan yang tepat, luangkan waktu untuk mempertimbangkan tujuan Anda menggunakan pelapis logam. Kondisi seperti apa yang terjadi pada lingkungan sekitar logam. Apakah lingkungan outdoor atau indoor? 

Berapa lama Anda ingin agar cat tersebut bertahan? Apakah Anda ingin melakukan pelapisan agar terhindar dari korosi? Atau hanya dengan tujuan melakukan perbaikan visual saja? Dari mengetahui tujuan pengecatan ini, Anda tidak akan salah pilih.

2. Mengenali Jenis Material

Beberapa jenis logam memiliki karakteristiknya masing-masing. Dengan begitu, membuat cara pengolahannya berbeda-beda. Logam sendiri juga terdiri dari berbagai macam jenis. Apabila Anda cukup mengenali jenis bahan atau material yang akan Anda kerjakan, maka akan lebih mudah bagi Anda menentukan jenis cat yang akan dipakai. 

3. Memperhatikan Lingkungan

Anda tidak boleh melewatkan kondisi lingkungan sebelum melakukan metal coating. Sebab kondisi lingkungan akan mempengaruhi pemilihan jenis coating yang sesuai. Apakah merupakan lingkungan yang akan terpapar bahan kimia? 

Ataukah lingkungan yang penuh dengan resiko benturan ataupun goresan? Sehingga nanti Anda bisa mengetahui produk seperti apa yang akan Anda pilih. Disesuaikan dengan hal-hal yang berada di lingkungan.

4. Teknik Pengapliaksian

Untuk melakukan pelapisan logam ada beberapa teknik pengapliaksian yang tersedia. Teknik tersebut dapat membuat Anda lebih mudah dalam menghasilkan coating yang sempurna. Teknik umum yang bisa dilakukan adalah dengan memakai aplikator berupa kuas, roller atau bahkan dengan semprotan.

5. Pertimbangan Biaya

Tentu saja Anda harus mempertimbangkan masalah biaya sebelum melakukan pelapisan logam. Sebab ada saja beberapa coating yang memang memerlukan biaya lebih banyak dibandingkan yang lainnya.

Tentu saja harga akan berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Anda perlu membuat alokasi budget, tergantung juga pada seluas apa area yang akan diberi lapisan logam.

6. Timeline Pengerjaan

Selain biaya, hal lain yang penting dan perlu diperhatikan adalah timeline dan deadline pengerjaan. Sebab untuk melakukan coating juga diperlukan proses persiapan, pelapisan berkali-kali, pengeringan, hingga akhirnya finishing. Jika produk yang Anda pilih ternyata daya keringnya lama, maka akan mempengaruhi timeline kerja.

Setelah mengetahui tips di atas, kini Anda tidak perlu khawatir ketika hendak melakukan metal coating. Anda bisa menggunakan produk Protective Coating dari PT Tosadah

Produk ini mampu memberikan perlindungan pada aset Anda dari korosi dan abrasi yang ditimbulkan zat kimia. Lapisan logam ini dapat bekerja maksimal menghalangi kontak langsung dengan udara terbuka, air, garam serta elemen penyebab korosi dan abrasi lainnya. 

Berbicara korosi dan abrasi, terdapat Korosi Galvanik, Ancaman Berbahaya untuk Kapal Laut yang mungkin Anda perlu pahami. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh akibat korosi air laut. 

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu