...

Pemanfaatan Jenis Logam dalam Kehidupan Sehari-hari

Inspirasi
Manfaat Logam dalam Kehidupan Sehari hari Tosadah

Logam merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi kehidupan manusia, hampir semua benda yang dimiliki manusia pada saat ini memiliki unsur logam di dalamnya. Misalkan smartphone, yang mengandung berbagai unsur logam. Ada juga pisau rumah tangga, bagian-bagian kendaraan bermotor, kaleng minuman dan benda-benda lainnya di sekitar kita.

Logam memiliki jenis dan nama yang berbeda-beda, diantaranya adalah besi, aluminium, perunggu, timah, kobalt seng dan lainnya. Jenis-jenis logam tersebut bisa tercipta dari alam, atau tercipta karena mencampur logam satu dengan yang lainnya.

Logam biasanya dalam pemanfaatanya tidak digunakan secara sendiri-sendiri, namun kadang dipadukan dengan logam lain agar mempunyai sifat yang sesuai untuk kegunaaanya, atau biasa disebut logam paduan.

Berikut ini adalah jenis logam yang sering kita temui beserta kegunaan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Aluminium

Aluminium adalah logam paling populer karena dimanapun pasti ada mulai di dapur, kendaraan, alat elektronik, hingga sebagai campuran pembuatan bahan peledak. Salah satu keistimewaan aluminium yaitu ringan, tahan terhadap korosi, dan konduktor yang baik. Sehingga sering digunakan sebagai bahan perabotan rumah tangga, peralatan makan, kabel, hingga badan pesawat terbang.

2. Besi

Besi adalah logam yang berasal dari bijih besi (hasil tambang) yang banyak digunakan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Besi juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Hal itu dikarenakan beberapa hal seperti: limpahan besi di kulit bumi cukup besar, pengolahannya relatif mudah dan murah, serta besi mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan serta mudah dimodifikasi.
Salah satu kelemahan besi adalah mudah mengalami korosi. Korosi menimbulkan banyak kerugian karena mengurangi umur pakai berbagai barang atau bangunan yang berbahan besi dan baja.

3. Baja

Coba kamu fikir, bagaimana menara Eiffel di Paris bisa berdiri kokoh setinggi 300 meter dan tetap dapat bertahan bertahun-tahun meskipun terkena hempasan angin kuat maupun gempa? Salah satunya alasannya adalah disebabkan karena struktur dan bahan dasar bangunan yang kuat, yaitu baja.
Baja atau besi hitam biasa digunakan sebagai komponen utama pada mesin, rangka mobil, kapal, kereta, perkakas, senjata, dan sebagai rangka bangunan. Baja sebenarnya merupakan logam paduan antara logam besi sebagai bahan utama dengan karbon.

4. Stainless Steel

Baja adalah logam yang sangat kuat, tetapi baja akan menjadi rapuh karena terkena korosi. Maka dari itu diciptakanlah stainless steel. Stainless steel ini banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan alat-alat dapur seperti kompor maupun, sendok, wajan,panic dan sebagai bahan dalam pembuatan pagar.

Cegah dan atasi karat pada barang berbahan logam milik Anda dengan cat khusus anti karat (“heavy duty paint”). Tosadah Group menghadirkan salah satu produk cat anti karat terbaik yang ada di Indonesia dan telah memenuhi standar internasional. Selain tahan korosi, cat yang digunakan oleh Tosadah Group juga memiliki fitur tahan api dan meningkatkan estetika exterior dengar beragam pilihan warna.
.
Untuk konsultasi dan informasi lebih detil seputar Cat Anti Karat, Anda dapat menghubungi kami melalui sarana berikut.

Phone: (+62) 031 5025600 / 5025700
Website: www.tosadah.com
E-mail: tosadah@gmail.com
Facebook: @tosadah.id
Instagram: @tosadah.id

 

Bagikan Artikel :

Menu