...
Kolam Renang
Pelapis Anti Bocor Kolam Renang PT Tosadah

Untuk membuat konstruksi kolam renang, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Sebab sebagai struktur yang selalu terpapar air, dibutuhkan bahan pelapis anti bocor kolam renang untuk memastikan keamanan dan fungsionalitasnya.

Dengan adanya bahan pelapis anti bocor, konstruksi kolam renang Anda akan lebih tahan lama dan aman digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, ketahui apa saja cara dan tips untuk menerapkan bahan pelapis waterproof pada struktur kolam di sini.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan agar kolam renang waterproof dengan menggunakan memperhatikan bagian-bagian tertentu. Seperti, keramik dan lainnya agar tidak bocor dan cara mengatasi kebocoran. Kolam Renang Bocor? Atasi dengan Waterproofing PT Tosadah

Cara dan Tips Mengaplikasikan Pelapis Anti Bocor Kolam Renang

Jadi, jelas bahwa mengaplikasikan pelapis anti bocor kolam renang adalah langkah krusial dalam memastikan integritas dan keberlanjutan strukturnya. Berikut ini beberapa langkah dan tips yang dapat dijadikan sebagai panduan:

1. Siapkan Struktur Kolam

Sebelum Anda mulai mengaplikasikan pelapis anti bocor, pastikan kolam renang berada dalam kondisi yang baik. Periksa ada tidaknya keretakan atau retakan pada dinding atau dasar kolam.

Jika terdapat kerusakan, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses. Pastikan juga kolam tersebut berada dalam keadaan bersih tanpa debu, minyak, atau kotoran.

2. Bersihkan Area Kolam

Untuk memastikan area aplikasinya bersih dari segala pengotor seperti alga, jamur, debu, dan lain-lain, gunakan alat pembersih kolam dan produk kimia yang sesuai secara menyeluruh.

3. Aplikasikan Lapisan Primer

Setelah membersihkan kolam, aplikasikan lapisan primer pada permukaan kolam. Primer adalah lapisan dasar yang membantu pelapis anti bocor menempel dengan baik pada substrat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen terkait proses aplikasinya.

4. Aplikasikan Pelapis Anti Bocor

Setelah primer mengering, Anda sudah bisa mengaplikasikan bahan pelapis anti bocor kolam renang. Ada beberapa jenis pelapis yang dapat digunakan, termasuk pelapis berbahan semen atau epoksi.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen secara cermat, termasuk perbandingan campuran dan teknik aplikasi yang benar. Anda bisa menggunakan kuas atau roller. Dalam beberapa kasus, Anda juga perlu mengaplikasikan lebih dari satu lapisan.

5. Selaraskan dengan Joints dan Fitting

Kemudian, pastikan untuk mengaplikasikan pelapis anti bocor dengan baik pada daerah sambungan seperti di sekitar joint, fitting, atau saluran air. Pasalnya, titik-titik ini seringkali menjadi area potensial untuk kebocoran.

6. Biarkan Lapisan Mengering

Selanjutnya, biarkan lapisan anti bocor tersebut mengering sesuai dengan petunjuk produsen. Jangan tergesa-gesa, sebab proses pengeringan yang tepat akan memastikan bahwa bahan pelapis bekerja dengan baik.

7. Uji Kekekalan

Setelah pelapis mengering, lakukan uji kebocoran untuk memastikan kolam sudah benar-benar kedap air. Cukup isi kolamnya dengan air dan pantau selama beberapa hari untuk melihat jika ada kebocoran. Jika ada, ulangi langkah sebelumnya.

8. Perawatan dan Pemeliharaan Rutin

Setelah sukses mengaplikasikan pelapis anti bocor, jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan rutin. Termasuk menjaga keseimbangan kimia air, membersihkan kolam secara teratur, dan memeriksa kebocoran secara berkala.

Rekomendasi Produk Pelapis Anti Bocor Kolam Renang Terbaik

Ketika Anda merencanakan untuk mencegah kebocoran di kolam renang, pemilihan produk pelapis yang tepat adalah faktor kunci. Salah satu produsen terpercaya yang menyediakan berbagai material waterproof terbaik adalah Tosadah. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Kerapoxy

Perekat epoxy serbaguna yang dirancang khusus untuk merekatkan segala jenis mozaik pada permukaan kolam renang. Selain itu, Kerapoxy juga dapat digunakan sebagai pengisi nat untuk mozaik, keramik, dan batu alam.

2. Mapelastic

Mortar waterproofing yang ideal untuk melapisi berbagai permukaan yang rentan terpapar air, termasuk dak beton, balkon, teras, kamar mandi, dan kolam renang.

3. Mapenet150

Bahan fibre yang digunakan untuk memperkuat lapisan waterproofing untuk memastikan lapisannya lebih tahan lama dan mencegah keretakan akibat pergerakan bangunan.

4. Aquaflex Roof MY

Produk waterproofing yang dapat diaplikasikan pada berbagai area, termasuk besi dan beton atap, area balkon dan teras, talang air, area bawah pipa, kubah, dan atap melengkung.

Bocornya kolam renang, menandakan kalau konstruksi pada kolam renang tidak bagus. Salah satu yang bisa kamu lakukan yakni, dengan mengandalkan PT Tosadah sebagai ahlinya. Berikut, Begini Konstruksi Kolam Renang, Andalkan PT Tosadah

Untuk memperoleh bahan pelapis anti bocor kolam renang dan berbagai cat besi anti karat, kunjungi halaman produk atau hubungi kami. Simak juga informasi seputar bangunan lainnya di halaman blog!

Bagikan Artikel :

Menu