...

8 Kelebihan Baja Titanium, Salah Satunya Anti Karat

Inspirasi
Baja Titanium Tosadah

Baja titanium merupakan salah satu material yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi dan industri. Titanium memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya seringkali menjadi pilihan, salah satunya yaitu sifat anti karat.

Titanium merupakan salah satu unsur logam yang telah disediakan oleh alam yang memiliki nomor atom yaitu 22. Sifatnya cenderung ringan dan memiliki warna putih keperakan, keberadaannya di alam juga terbilang melimpah.

Kelebihan Baja Titanium

Baja jenis ini memiliki berbagai kelebihan. Hal-hal berikut bisa Anda pahami dengan cermat, sehingga bisa menjadi pertimbangan ketika memilih material.

1. Tahan terhadap Korosi atau Anti Karat

Keunggulan pertama ini sudah disebutkan sejak awal, yaitu memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi atau bisa disebut anti karat. Ketika titanium terkena paparan udara, maka maka terbentuk lapisan oksida yang tipis di permukaannya. Lapisan oksida tersebut sulit untuk bisa ditembus oleh berbagai jenis bahan.

Maka dari itu, bahan titanium menjadi terlindungi dari berbagai zat korosif. Dengan tidak terkontaminasi zat tersebut, maka titanium akan lebih terlindungi dari risiko retak atau berlubang.

2. Tidak Menghasilkan Racun

Terdapat berbagai jenis logam yang berpotensi untuk menjadi racun bagi manusia, misalnya material aluminium dan besi. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk titanium karena salah satu keunggulannya adalah tidak menghasilkan racun.

Karena memiliki daya tahan untuk mencegah korosi, maka bahan titanium ini menjadi tidak beracun untuk manusia dan hewan. Jika memasuki tubuh, bahan titanium juga tidak menyebabkan sesuatu yang merugikan.

Dalam industri medis, titanium juga seringkali dimanfaatkan, misalnya untuk implan gigi atau memperkuat bagian tulang yang patah. Titanium menjadi pilihan yang tepat karena sifat tidak beracun tersebut.

3. Memiliki Kekuatan yang Bagus

Kelebihan ketiga dari titanium yaitu memiliki kekuatan yang terbilang sangat bagus, bahkan disebut sebagai salah satu jenis logam terkuat. Kekuatan yang ditawarkan ini, membuatnya cocok untuk menjadi pilihan untuk berbagai jenis industri.

4. Bahannya Ringan

Titanium memiliki sifat yang ringan, terlebih jika dibandingkan dengan berbagai bahan logam lainnya. Dengan sifat yang ringan ini, maka cocok menjadi material yang kuat namun harus memiliki berat yang sekecil mungkin.

5. Mudah Dibentuk sesuai Keperluan

Kelebihan penting dari titanium adalah sifat fabrikasi yang sangat baik, sehingga bahan ini mudah dibentuk sesuai dengan keperluan penggunanya. Dengan sifat ini, maka titanum menjadi pilihan tepat untuk berbagai pengerjaan yang membutuhkan tingkat fabrikasi yang rumit.

6. Titik Lelehnya Tinggi

Titik leleh dari material titanium sangat tinggi, yaitu sekitar 1.668 derajat celcius. Dengan kelebihan ini, titanium cocok untuk dipakai pada berbagai keperluan yang membutuhkan suhu tinggi dalam pengaplikasiannya. Sebagai contoh, untuk kebutuhan pengecoran, kebutuhan satelit, dan mesin jet.

7. Ekspansi Termal yang Terbilang Rendah

Ekspansi termal atau koefisiensi muai panas yang dimiliki oleh titanium terbilang rendah. Bahan titanium cenderung tidak menyusut ataupun mengembang jika dipaparkan dengan cuaca yang ekstrem.

Dengan begitu, baja titanium memiliki stabilitas struktural yang bagus. Selain itu, sifatnya yang ringan juga membuat titanium mudah untuk digunakan dalam berbagai keperluan.

8. Harga Terjangkau

Selain berbagai kelebihan di atas, harganya yang terjangkau telah membuat titanium semakin diminati untuk diaplikasikan pada berbagai keperluan. Hal ini disebabkan karena ketersediaannya yang terbilang banyak serta proses produksi yang tidak memakan banyak biaya.

Itulah berbagai keunggulan yang dimiliki oleh baja jenis titanium. Ketika memilih bahan untuk berbagai keperluan, hal-hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan.

Meski baja titanium terbilang tahan terhadap korosi jika dibandingkan jenis baja lainnya, namun tetap perlu diperhatikan perawatannya. Supaya kualitasnya tetap terjaga, Anda bisa melapisi dengan Cat Epoxy Primer dari PT Tosadah untuk memberikan perlindungan ekstra. 

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di halaman blog. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat pada halaman produk. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu