...

Ketahui 5 Cara Cat Water Tank yang Tahan Lama

Inspirasi
Cat Water Tank Tosadah

Water tank atau tangki air berkapasitas besar biasanya terbuat dari bahan logam agar lebih kuat dan tahan dari tekanan tinggi. Namun, tangki air berbahan logam sangat rentan terkena korosi, sehingga dibutuhkan cat water tank yang tahan karat dan bahan kimia lain.

Berbeda dengan proses pengecatan material lain, cara mengecat tangki air berbahan logam membutuhkan teknik khusus. Mulai dari persiapan permukaan substrat hingga pemberian lapisan cat, ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan saat mengecat dengan water tank.

Sebelum memulai dan mengerjakan proses pengecatan, sangat baik apabila dilakukan 8 Persiapan Sebelum Menggunakan Cat untuk Tangki Air. Hal ini bertujuan untuk hasil pengecatan water tank yang tahan lama dan maksimal. 

Berikut Cara Cat Water Tank yang Tahan Lama

Tangki air umumnya berlokasi di luar ruangan (outdoor), tepatnya di tempat terbuka yang rentan mengalami kontak langsung dengan lingkungan dan udara terbuka. Hal itu membuat risiko korosi tidak bisa dihindari.

Agar hasilnya lebih awet dan tahan karat, berikut cara mengecat dengan water tank yang baik dan benar:

1. Tahap Persiapan

Tahap pertama adalah menyiapkan kebutuhan proses pengecatan, mulai dari bahan, alat, hingga personil atau tenaga kerja yang akan mengecat. Umumnya, tangki air memiliki volume yang besar, sehingga penting untuk menyiapkan alat dan bahan yang cukup, serta mengatur shift pengecatan agar prosesnya bisa berlangsung secara berkelanjutan.

2. Pengontrolan Lingkungan

Tahap selanjutnya adalah mengontrol lingkungan tempat mengecat. Pastikan bahwa suhu dan kelembabannya sesuai. Sebab kondisi lingkungan yang tidak kondusif dapat membuat lapisan hasil pengecatan retak atau bergelembung, sehingga dibutuhkan pengecatan ulang.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek kondisi cuaca sebelum mulai mengecat, apakah akan hujan atau justru terlalu panas. Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa menggunakan tenda atau pelindung lainnya.

3. Pembersihan Permukaan

Tahap selanjutnya adalah membersihkan permukaan water tank yang akan dilapisi cat. Anda perlu membersihkannya dengan teknik khusus, misalnya menggunakan teknik sandblasting (penyemprotan pasir) atau pressure washing dengan air bertekanan tinggi agar permukaan tangki bersih dari bakteri, pasir, jamur, atau noda.

Jika permukaannya tidak dibersihkan, maka masa pakai lapisan cat akan terpengaruh, dan resiko korosi juga semakin besar. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan lapisan luarnya secara menyeluruh.

4. Pemilihan Cat

Tahap selanjutnya adalah memilih cat water tank yang sesuai. Karena terbuat dari bahan logam, pastikan untuk memilih produk cat anti karat seperti epoxy atau polyurethane (PU).

Selain itu, pastikan produk cat yang dipilih sudah memiliki karakteristik khusus sesuai kondisi lingkungan atau lokasi tangki tersebut ditempatkan. Misalnya, jika terkena paparan matahari langsung, maka pilihlah cat yang memiliki kandungan anti sinar UV.

5. Proses Pengecatan

Tahap terakhir adalah proses pengecatan. Untuk mengecat permukaannya, satu lapisan saja tidak cukup. Anda memerlukan setidaknya 3 lapisan, yaitu primer, coating (pelapis utama), dan finishing.

Selain itu, setiap lapisan cat tersebut juga membutuhkan beberapa lapisan agar hasilnya maksimal. Misalnya, Anda butuh 2-3 lapisan primer agar hasil akhirnya lebih kuat dari korosi dan tahan dari kondisi lainnya. Anda bisa mengaplikasikannya dengan cara brushing, spraying, ataupun rolling, sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pastikan setiap lapisannya diaplikasikan merata, tidak boleh terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Jika terlalu tipis, maka permukaan lapisannya bisa terlihat berlubang akibat tidak merata, sedangkan aplikasi yang terlalu tebal bisa menimbulkan gelembung atau keretakan.

Dengan mempertimbangkan 4 Tips Cara Memilih Cat untuk Besi Anti Karat Terbaik dan menggunakan tenaga profesional untuk proses pengecatan tangki air terbaik, maka hasil akhirnya akan sesuai harapan Anda.

Selain teknik atau cara mengecat, pemilihan produk cat yang berkualitas juga sangat penting. Untuk memperoleh produk cat water tank berkualitas, PT Tosadah sebagai pelopor cat besi anti karat adalah solusi tepat. Anda bisa melihat informasi produk di sini, sedangkan untuk konsultasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu