...

Kapal Kargo: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Perlautan
Kapal Kargo Cat Anti Karat PT Tosadah

Kapal kargo merupakan salah satu jenis kapal yang kerap digunakan dalam pelayaran. Kapal ini membawa barang yang dikirimkan dari satu titik ke titik lainnya. Oleh sebab itu, jasa dari kapal ini tak bisa dianggap sebelah mata.

Pembahasan selengkapnya tentang kapal tersebut akan diulas dalam artikel ini. Tak hanya pengertiannya saja, namun juga fungsi dan jenis-jenisnya di kehidupan sehari-hari.

Sebelum lanjut membahas tentang seputar kapal kargo, Anda juga perlu mengetahui Bagian-bagian Kapal Laut Jenis Kargo beserta Fungsinya untuk pengetahuan lebih mendalam. 

Pengertian Kapal Kargo

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kapal ini merupakan alat transportasi yang mengirimkan barang dari satu titik ke titik lainnya melalui jalur laut atau shipping. Itulah mengapa, kapal ini sering disebut sebagai kapal barang.

Kargo yang diangkut oleh kapal ini merupakan kargo umum. Dengan kata lain, kargo tersebut bisa berupa apa saja. Cara pengemasannya pun beragam tergantung barang yang diangkut dan kebijakan masing-masing pihak. Ada yang dimasukkan peti kargo, ada yang tidak.

Kapal barang juga dilengkapi berbagai fasilitas yang memudahkan manusia untuk memindahkan barang, seperti crane sebagai alat bongkar muat, dan lain sebagainya. Namun fasilitas ini tak selalu dimiliki oleh kapal barang karena tergantung pada kebijakan masing-masing pemilik kapal.

Fungsi Kapal Kargo

Sesuai pengertian di atas, fungsi dari kapal barang adalah untuk memindahkan barang-barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Barang-barang ini diangkut dalam jumlah besar.

Adanya kapal barang ini bisa membantu perseorangan maupun perusahaan saat ingin mengirimkan barang. Hal ini disebabkan tarifnya lebih terjangkau daripada pengiriman melalui udara. Selain itu, kapal barang juga bisa menjangkau pulau-pulau yang belum dibangun bandara.

Jenis-jenis Kapal Barang

Dalam prakteknya terdapat berbagai jenis kapal barang. Inilah pembagian dan penjelasannya:

1. Kapal Barang Umum

Kapal jenis ini dimanfaatkan sebagai transportasi angkutan laut atau sea freight. Sesuai namanya, berbagai jenis muatan bisa diangkut kapal ini, seperti kargo karung, curah, hingga kargo yang dibungkus kontainer. Itulah mengapa kapal barang umum sering disebut sebagai kapal multifungsi.

Kapal ini telah ada sejak masa Perang Dunia II. Kini kapal barang umum dapat memiliki kapasitas sampai 25.000 dewt dengan dua deck sehingga kerap disebut sebagai twin decker

2. Kapal Barang Curah

Kapal jenis ini juga digunakan untuk transportasi angkutan laut atau sea freight. Bedanya, kapal barang curah hanya mengangkut berbagai bahan mentah yang tidak dikemas dengan kontainer. Misalnya adalah mineral, batu bara, dan lain-lain.

Deck yang dimiliki oleh kapal ini hanya ada satu sehingga kerap disebut single decker. Lalu, kapal ini tidak bisa mengangkut kontainer atau peti kemas. Bagaimanapun juga, kapal ini masih menjadi jenis kapal barang paling banyak di dunia.

3. Kapal Kontainer

Sesuai namanya, kapal yang termasuk sea freight transportation atau transportasi angkutan laut ini membawa barang-barang yang telah dimasukkan ke dalam kontainer. Kontainer atau peti kemas sendiri berbentuk balok yang mempunyai berbagai ukuran.

4. Kapal Tanker

Berbeda dengan kapal-kapal lainnya, kapal ini dibuat untuk mengangkut cairan seperti minyak atau bahan kimia. Kapal ini pun mempunyai standar keamanan yang berbeda untuk melindungi para awak kapal.

Perlindungan Kapal dengan Cat Anti Karat

Setelah membaca informasi-informasi diatas mengenai kapal kargo, pastikan juga Anda memahami dan mengetahui 8 Jenis Korosi pada Kapal, Gunakan Cat untuk Kapal Besi yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan ketahanan kapal kargo Anda terkena korosi laut.

Berbagai jenis kapal kargo di atas perlu dilindungi dengan Cat Primer Anti Karat Tosadah. Selain itu, berbagai produk lain juga bisa dipertimbangkan untuk menunjang performa kapal. Informasi lebih lanjut dapat diketahui dengan menghubungi kontak kami atau membaca berbagai artikel di blog kami.

Bagikan Artikel :

Menu