...

Cara Optimal Perlindungan pada Pelapisan Logam Industri

Inspirasi
Pelapisan Logam Cat Anti Karat Tosadah

Pelapisan logam di sektor industri adalah proses penting untuk mencegah korosi dan kerusakan pada permukaan logam yang digunakan dalam lingkungan yang agresif. Namun, pelapisan yang tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan masalah yang lebih besar.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara optimal dalam melakukan perlindungan pada lapisan logam industri. Sehingga, struktur logam tersebut menjadi lebih aman, awet, dan tahan dari berbagai kondisi di sekitarnya.

Tak hanya mengetahui cara optimal untuk perlindungan lapisan logam, penting juga untuk mengetahui teknik pengecatan besi yang tepat. Jangan khawatir, berikut ini adalah 4 Teknik Pengecatan Besi yang Benar.

Berikut Cara Optimal Perlindungan terhadap Pelapisan Logam Industri

Pelapisan pada logam di industri adalah proses melapisi permukaan material logam di sektor industri dengan lapisan pelindung seperti cat atau coating, untuk melindunginya dari kerusakan seperti korosi, goresan, benturan, dan jenis kerusakan lainnya.

Prosedur pelapisan ini biasanya menggunakan teknologi dan metode yang berbeda-beda, termasuk di antaranya penggunaan cat khusus. Sebagai panduan, berikut cara optimal dalam melindungi lapisan logam industri yang bisa Anda coba:

1. Evaluasi Lingkungan Sekitar Area Pengecatan

Langkah pertama adalah dengan melakukan evaluasi lingkungan di sekitar area pengecatan. Pasalnya, lingkungan industri di sekitar area pengecatan dapat mempengaruhi kualitas lapisan logam.

Misalnya, jika ada banyak debu atau partikel kecil lainnya di udara, maka partikel tersebut dapat menempel pada logam dan mengganggu adhesi pelapisan. Selain itu, kelembaban dan suhu juga dapat ikut mempengaruhi lapisan logam.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengevaluasi lingkungan sekitar terlebih dahulu dan memastikan kondisinya sesuai dengan jenis cat yang akan dipilih. Misal, jika area pengecatan adalah di lingkungan eksterior yang rentan terkena sinar matahari, maka pilihlah jenis cat yang mampu menahan sinar UV.

2. Gunakan Pelapis Logam yang Sudah Teruji

Penggunaan pelapis logam yang baik dan teruji sangat penting untuk melindungi logam dari korosi. Pada dasarnya, pelapis logam mengacu pada lapisan khusus yang diterapkan pada permukaan untuk melindunginya dari korosi, oksidasi, gesekan, dan kerusakan lainnya.

Selain menggunakan pelapis berupa cat, Anda juga bisa memanfaatkan jenis pelapis lain seperti coating atau material pelindung khusus. Sehingga, permukaan logamnya dapat tertutup untuk mencegah kontak langsung dengan lingkungan sekitar.

3. Lakukan Tindak Pencegahan Holistik untuk Mencegah Korosi

Selain mengaplikasikan cat, Anda juga tetap memerlukan tindak pencegahan holistik lainnya untuk mencegah korosi. Contohnya yaitu dengan memantau lingkungan di sekitar area pengecatan, memilih material yang tahan karat, mengevaluasi sistem kerja, melakukan perawatan rutin pada logam, dan lain sebagainya.

4. Pilih Produk Cat Anti Korosi Khusus Logam

Pengecatan dengan cat anti korosi adalah contoh metode pelapisan logam yang paling optimal untuk melindunginya dari kerusakan serta korosi. Ini karena, produk ini sudah dirancang secara khusus agar memiliki sifat anti karat yang baik.

Sebaiknya, pilihlah jenis cat yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pengecatan. Contoh jenis produk cat yang bisa dipilih di antaranya yaitu cat epoxy, polyurethane, alkyd, dan lain-lain.

5. Pertimbangkan Konstruksi dari Struktur Logam

Konstruksi dari struktur logam juga dapat mempengaruhi proses pelapisan. Pasalnya, ada beberapa jenis konstruksi logam, seperti pipa atau profil, yang dapat membuat pelapisan menjadi lebih sulit.

Selain itu, bentuk atau sudut tertentu pada logam juga dapat mempengaruhi pelapisan pada logam. Karena itu, sebelum melakukan pelapisan dengan cat, pastikan untuk mempertimbangkan konstruksinya untuk menyesuaikan teknik pengecatan yang tepat.

6. Persiapkan dan Bersihkan Permukaan Logam Sebelum Dicat

Terakhir, pastikan untuk melakukan persiapan dan pembersihan permukaan logam terlebih dahulu sebelum dicat. Anda bisa menggunakan amplas ataupun air dan sabun untuk membersihkannya. Pastikan tidak ada kotoran, karat, dan lapisan cat lama yang dapat mengganggu proses pengecatan.

Lantas, apa saja jenis cat yang tepat untuk aset logam Anda? Kenali 4 Ragam Jenis Cat untuk Logam. Pilih jenis cat yang paling sesuai dengan kebutuhan aset besi Anda. 

Perlindungan terhadap pelapisan logam industri sangat penting agar strukturnya tetap tahan lama dari karat dan kondisi lingkungan lainnya. Sebagai solusi, produk cat anti karat dari PT Tosadah bisa menjadi pilihan. Untuk informasi, hubungi kami di tautan berikut!

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu